Bekasi (ANTARA News Megapolitan) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menjadwalkan proses perbaikan tanggul amblas di Jalan Cipendawa, Kota Bekasi, Jawa Barat, akan bergulir mulai awal 2019.

"Tadi pagi saya menyempatkan meninjau tanggul Kali Bekasi di Jalan Cipendawa. Kerusakan tanggul ini sudah setahun lamanya belum mengalami perbaikan. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memberikan kepastian perihal agenda perbaikannya pada awal 2019." kata Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono, di Bekasi, Jumat.

Menurut dia, kerusakan tanggul di lokasi itu mengakibatkan tergerusnya sebagian badan Jalan Raya Cipendawa sehingga berpotensi longsor.

Tanggul Kali Bekasi di Jalan Cipendawa Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu itu mengalami amblas sepanjang 300 meter di sisi selatan akibat posisinya yang tegak lurus dengan pertemuan Sungai Cileungsi, Sungai Cikeas dan Kali Bekasi.

Tanggul di lokasi itu saat ini roboh dan membuka celah masuknya air sungai ke pondasi Jalan Cipendawa yang ditopang tanah merah.

Selama kerusakan berlangsung, kata Tri, pihaknya mengerahkan petugas Dinas Perhubungan (Dishub) setempat untuk menerapkan rekayasa lalu lintas lawan arah atau "contraflow".

"Kondisi ini mengakibatkan kemacetan lalu lintas pada jam sibuk kerja," katanya.

Dikatakan Tri, sejak dirinya dilantik menjadi Wakil Wali Kota Bekasi periode 2018-2023 pada September 2018, penanganan kerusakan jalan serta tanggul di lokasi itu telah menjadi skala prioritas.

Salah satu upaya yang telah ditempuh instansi terkait, kata Tri, adalah melobi pemerintah pusat untuk segera memperbaiki kerusakan tersebut.

Alasannya, aliran Kali Bekasi berikut sarana dan prasarananya masuk dalam tanggung jawab Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) di bawah kendali Kementerian PUPR.

"Saya juga mengucapkan terima kasih atas peran serta Komisi V DPR RI, khususnya Ibu Intan Fauzi yang selama ini terus mengawal perbaikan tanggul di Kali Bekasi," katanya.

Tri juga mengapresiasi respons positif yang diberikan oleh Menteri PUPR.

"Insya Allah dengan diperbaikinya tanggul dan Jalan Raya Cipendawa, arus lalu lintas di kedua arahnya akan kembali normal serta berdampak positif bagi aktivitas warga di sekitarnya," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018