Bogor, 11/4 (Antara) - SMAN 6 Kota Bogor menggelar pelatihan motivasi dan muhasabah bagi siswa, pada Kamis, guna mempersiapkan mental dan semangat dalam menghadapi Ujian Nasional 2013,

"Kegiatan ini dalam rangka memberikan motivasi kepada siswa yang akan menghadapi ujian nasional yang akan digelar 15 April nanti," kata Kepala Sekolah SMAN 6 Kota Bogor, Maman Suherman.

Maman menjelaskan, sejumlah persiapan menghadapi UN telah dilakukan oleh sekolah diantaranya persiapan teknis, akademik dan non teknis.

Motivasi dan muhasabah merupakan persiapan non teknis dalam rangka memotivasi siswa agar siap mental lahir batin mengikuti UN.

Motivasi dan muhasabah tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas XII SMAN 6 Kota Bogor dengan menghadirkan Kang Zain, seorang motivator.

Dalam training motivasi tersebut, para siswa diajak untuk bersemangat menghadapi UN, tidak takut dan ragu.

"Mental siswa kita siapkan, dengan motivasi ini. Lalu diberikan kekuatan spiritual lewat muhasabah dan doa," kata Maman.

Wakil Kepala Humas SMAN 6 Kota Bogor, Tati Maryati menyebutkan ada 336 siswa kelas XII yang mengikuti ujian akhir nasional. Mereka terdiri dari 218 jurusan IPA dan 118 IPS.

"Kita optimis dengan persiapan yang matang, baik teknis, akademik dan non teknis siswa mampu menghadapi UN," kata Tati.

Tati menambahkan, SMAN 6 optimis kelulusan siswa 100 persen sama seperti tahun sebelumnya.

Sementara itu, sejumlah siswa terlihat antusias mengikuti training motivasi dan muhasabah yang diselenggarakan siswa.

Dengan penuh semangat siswa mendengarkan setiap motivasi yang disampaikan oleh guru dan mentor.

Dalam motivasi itu, siswa diajak tidak takut menghadapi setiap soal ujian baik itu Fisika, Matematikan ataupun Kimia. Saat muhasabah, diwarnai tangis siswa yang larut dalam doa agar diberikan kelulusan setelah menghadapi UN.

Muhammad Ihsan, salah satu siswa kelas XII SMAN 6 menyebutkan, kegiatan motivasi dan muhasabah ini sangat penting dalam membekali siswa.

"Sangat penting sekali, diberikan pemahaman bagaimana cara menjawab soal, melingkari soal yang benar," katanya.

"Muhasabah juga penting, bagaimana kontak kita kepada Allah, karena kita sudah berusaha dan Allah menentukan. Muhasabah ini adalah faktor x yang harus kita tahu bahwa perlu kita yakini untuk kelulusan," katanya menambahkan.

Usai training motivasi dan muhasabah, acara ditutup dengan saling bersalaman antara guru dan siswa sebagai tanda restu dari guru kepada siswa.



Laily R

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013