Cibinong, Jabar (ANTARA News Megapolitan) Bupati Bogor, Jawa Barat, Nurhayanti mengajak masyarakat untuk merivitalisasi nilai-nilai kebersamaan, persaudaraan, kegotong-royongan dan kepedulian sosial dalam rangka peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tingkat Kabupaten Bogor 2018.

"HKSN Kabupaten Bogor kini mengambil tema Kesetiakawanan Sosial Harmoni Indonesia yang dimana menekankan pada pentingnya budaya gotong royong," katanya di Cibinong, Jumat.

Menurutnya pada umumnya revitalisasi sebenarnya merupakan landasan utama yang sudah mengakar di tengah masyarakat.

Namum hal tersebut sudah mulai tergerus arus globalisasi yang membuat nilai-nilai penting menjadi tidak layak dan sering kali terlupakan khususnya pada anak-anak muda.

"Merevitalisasi nilai-nilai kesetiakawanan sosial berarti memelihara menanamkan dan menumbuhkembangkan rasa cinta kepada kehidupan bersama yang diimplementasikan dalam bentuk kesadaran dan kekuatan moral untuk menghadapi dan mengatasi berbagai permasalahan bangsa," jelasnya.

Berarti dalam kontek tersebut memiliki banyak fungsi seperti mengatasi masalah kemiskinan, ketertinggalan atau keterpencilan, keterlantaran, ketunaan sosial, kecacatan dan korban akibat bencana serta berbagai permasalahan sosial lainnya.

Ia menambahkan dalam hal ini diperlukan empati sosial yang akan membawa kita pada pemahaman tentang pentingnya komitmen untuk menghargai keberagaman dan mengatasi kesejangan sosial melalui tindakan nyata yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Kiranya komitmen ini tidak berhenti hanya sebagai gebyar sesaat dalam momentum HKSN ini, tapi harus dalam jangka panjang, sehingga kita senantiasa berempati terhadap penyandang masalah kesejahteraan sosial dan tergerak untuk mencari solusi guna mengeliminasi permasalahan kesejangan sosial dan tumbuh kuat sebagi bangsa yang unggul dan berdaya saing tinggi," terangnya.

Namun dalam hal ini merupakan salah satu upaya terpenting dimana pemerintah daerah bersama masyarakat kembali bangkit untuk mewujudkan cita-cita bersama sesuai dengan visi maupun misi Kabupaten Bogor.

Nurhayanti menjelaskan dalam HKSN masyarakat bersama pemerintah daerah diminta untuk lebih berintrofeksi diri. Ini bertujuan dimana mengingatkan kembali arti penting HKSN.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018