Cibinong, Jabar (ANTARA News Megapolitan) - Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat melakukan kegiatan nyata dalam rangka meningkatkan profesionalisme pengusaha wanita di Bumi Tegar Beriman.

"Ini agar dapat berkontribusi secara optimal meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," kata Ketua Umum IWAPI Kabupaten Bogor, Inne Roswianita di Cibinong, Jumat.

Menurut dia, sepanjang 2018 IWAPI Kabupaten Bogor terus melakukan berbagai kegiatan dan kerja nyata dalam menumbuh kembangkan ekonomi kreatif yang dikelola oleh kaum wanita.

Secara fungsi dan peran IWAPI adalah memajukan kaum wanita dengan menjadikan wanita tangguh melalui pengembangan sektor usaha.

"Untuk itulah kami terus melakukan pembinaan agar produk-produk UMKM para pengusaha wanita dan UMKM di Kabupaten Bogor lebih bervariatif dan berkualitas sehingga dapat bersaing di pasaran serta meningkatkan mata pencaharian keluarga,'' katanya.

Selain itu pada prioritas pembinaan IWAPI yang dilakukan khususnya di Kabupaten Bogor adalah peningkatan kapasitas anggota dalam berorganisasi dan usaha.

Itu juga termasuk pembinaan, proses produksi agar sesuai dengan ketentuan dan peraturan pemerintah. Dan tentunya pada proses tersebut dimaksudkan agar secara kewenangan tidak ada pelanggaran.

Ia mengemukakan, IWAPI Kabupaten Bogor turut membantu kaum wanita pengusaha atau anggotanya untuk meningkatkan kemampuan dalam pemasaran.

"Kami sering melakukannya melalui pameran, bazar, dan kerja sama dalam memamerkan produk UMKM, serta kunjungan-kunjungan, misi dagang dan promosi, serta menerapkan sistem digital marketing dalam pemasaran produk,'' katanya.

Inne berharap anggota IWAPI di Kabupaten Bogor dapar lebih berkembang, kreatif, mandiri dan pintar dalam berusaha.

''Saya harap para anggota IWAPI dan pengusaha-pengusaha kaum wanita untuk lebih berkembang, diasah terus kreativitas dan smart dalam membangun sebuah usaha,'' katanya.

Inne juga meminta anggotanya untuk dapat menggunakan berbagai teknologi berbasis daring yang mana mampu meningkatkan produk-produk olahannya dan tidak lupa terus membangun kemitraan.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018