Purwakarta (ANTARA News Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mengimplementasikan Program Inovasi Desa karena cukup banyak potensi di desa-desa sekitar Purwakarta yang kini belum tergarap dengan maksimal.

"Kami akan membuka lebih lebar lagi inovasi-inovasi serta langkah strategis yang dapat memberikan motivasi untuk desa-desa di Purwakarta," kata Bupati setempat Anne Ratna Mustika disela acara Bursa Inovasi Desa 2018, di Purwakarta, Selasa.

Ia mengatakan, pada tahap pertama, pemkab akan membuka lebar langkah inovasi yang diberikan desa. Seperti di Purwakarta banyak pabrik, limbah dari pabrik itu bisa dikelola oleh masyarakat dan pihak pemerintah desa setempat.

"Tadinya mereka (para kepala desa) tidak mengetahui kalau limbah ini bisa di daur ulang. Oleh karena itu dilakukan acara seperti ini, agar banyak memberikan penawaran inovasi yang akhirnya, pihak pemerintah desa bisa melaksanakannya di desa masing-masing," kata dia.

Selain dari pengolahan limbah, Purwakarta juga memiliki banyak potensi wisata, wisata baik wisata alam maupun wisata buatan.

"Potensi-potensi wisata ini yang harus dikelola dengan baik oleh pemerintah desa ataupun masyarakat. Karena dari situ dapat memajukan perekonomian masyarakat dan desa," katanya.

Anne mengakui kalau Purwakarta dikenal memiliki sumber daya alam yang melimpah, hampir di setiap kecamatan di Purwakarta terdapat potensi alam yang tersedia. Karena itu, kekayaan sumber daya alam itu perlu digarap lebih maksimal oleh pemerintah desa dan masyarakat setempat.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018