Depok (Antaranews Megapolitan) - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok Jawa Barat memberikan pelatihan membuat kemasan produk yang menarik kepada ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Para pelaku UMKM berjumlah 200 ini diberikan pemahaman serta cara mendesain kemasan yang menarik dan memiliki daya jual," kata Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro (PPUM) DKUM Kota Depok Diana Puspitasari di Depok, Jumat.

Ia mengatakan pelatihan ini bertujuan agar para pelaku IKM dapat membuat dan mendesain kemasan produknya dengan menarik. 

Dengan kemasan yang menarik mampu untuk meningkatkan minat konsumen untuk membeli produknya.

Menurut dia kemasan itu menggambarkan brand dari produk yang dijual. Untuk itu, kemasan harus didesain menarik, baik dari filosofi logo, brand, dan warna kemasan.

Dikatakannya selain untuk menarik minat konsumen, kemasan juga berfungsi untuk mencantumkan komposisi dari produk makanan yang dijual. Dengan begitu, dapat memberikan rasa aman kepada para konsumen yang membeli produk tersebut.

"Saya berharap dengan pelatihan ini, para pelaku UMKM dapat secara mandiri mendesain produknya, sehingga bisa meningkatkan daya saing dan perkembangan usaha ke depan," jelasanya.

Sebelumnya Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok Jawa Barat memberikan pelatihan kepada 80 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kuliner yang sehat dan aman dikonsumsi oleh masyarakat. 

Dikatakannya ini kegiatan rutin yang kami lakukan setiap tahun. Tujuannya agar pelaku UMKM kuliner yang menjual makanan siap saji bisa memiliki legalitas usaha yang jelas.

Adapun pelatihan yang diberikan berupa cara-cara penyajian makanan yang laik sehat, mulai dari bahan baku yang segar dan sehat, hingga tata cara pengolahan sehat.

Menurut dia, dengan pelatihan tersebut diharapkan para pelaku UMKM kuliner dapat memahami dan menerapkan cara mengolah makanan yang sehat dan benar. Dengan begitu, masyarakat yang mengonsumsinya dapat terhindar dari penyakit berbahaya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018