Jakarta (Antaranews Megapolitan) - Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) perlu terus meningkatkan kapasitas untuk menghadapi persaingan global dimana strategi permodalan dan pemasaran merupakan dua elemen yang penting.

Ketua Dewan Pengurus Kota (DPK) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Jakarta Selatan Edi Sabara dalam keterangan tertulisnya, Minggu mengatakan para pelaku UMKM harus kreatif dalam mengembangkan usahanya untuk itu dibutuhkan upaya peningkatan kapasitas dan strategi bagi para usahawan lokal.

"Karena itulah, kami menggenjot kapasitas UMKM. Salah satunya melalui kegiatan seminar Strategi Permodalan dan Pemasaran UMKM yang telah kami lakukan. Tujuannya untuk membangkitkan gairah usaha kelompok UMKM agar mampu menghadapi tantangan global," kata Edi.

Edi mengatakan mayoritas kader PKPI berasal dari kalangan usahawan UMKM. Sehingga PKPI Jaksel ingin memberikan kepada kadernya maupun masyarakat dalam bentuk strategi usaha dan akses permodalan.

"Ketika kami berhadapan dengan saudara kita yang kesulitan permodalan, kita akan bantu membukakan aksesnya," katanya. 

Misalnya, soal Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang belum diserap secara maksimal oleh kalangan usaha rakyat. Kenapa? Karena memang ada syarat-syarat dari bank yang harus dipenuhi. Sementara banyak kalangan usaha rakyat yang tidak bisa melakukannya. "Di sinilah kita hadir mendampingi," tambahnya.

"Saat ini ada kredit tanpa agunan yang bisa didapat oleh masyarakat, tapi syarat-syaratnya yang tidak bisa dipenuhi. Misalnya membuat bisnis plan, dan kelengkapan lainnya agar usahanya bisa mendapat modal. Di situ kami memberi pendampingan," katanya.

Selain modal, Edi juga menjelaskan tentang strategi agar produk UMKM bisa lebih berkualitas. Yakni, secara rutin membuat program-program tentang kemasan produk, branding, sampai usaha online.  

Menurut Edi, banyak pengusaha besar yang berawal dari usaha kecil. Dimana mereka memperoleh akses permodalan, peningkatan kualitas produk, sampai ke pemasarannya. 

"Kita akan menghadirkan pengusaha seperti ini melalui event-event seminar, workshop, dan program lainnya. Mereka akan menyampaikan sucsess story-nya, sekaligus kiat-kiat mereka sampai berhasil," bebernya.

Sehingga masyarakat yang tadinya frustasi, kembali tercerahkan oleh kisah-kisah sukses. Dengan begitu akan menyenangkan dan memberikan energi baru untuk membangun usahanya.

"Kami dari DPK PKPI Jaksel ingin menciptakan suasana politik menjadi fun (menyenangkan). Yakni dengan membuat program kerja yang membuat kader-kader di PKPI dan masyarakat menikmatinya," jelas Edi.

Editor : Agus Salim

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018