Bogor (Antaranews Megapolitan) - Menjadi seorang mahasiswa sejatinya adalah impian banyak siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) saat ini. Terlebih bagi siswa-siswi SMA kelas dua belas. Bagi mereka, menjadi mahasiswa adalah impian yang wajib diraih demi masa depan yang gemilang. Untuk mewujudkan mimpi tersebut, para siswa-siswi tentunya akan berupaya semaksimal mungkin untuk meraihnya. Namun, ternyata masih banyak di antara mereka yang masih bingung dalam memilih kampus tujuan yang diinginkan. Pasalnya, mereka dipusingkan dengan pilihan program studi beserta kampusnya yang notabene relatif beragam.

Untuk itu, Institut Pertanian Bogor (IPB) mengajak mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah untuk ikut serta dalam mengkampanyekan kampus IPB. Para mahasiswa ini tergabung dalam Organisasi Mahasiswa Daerah (Omda). Sedikitnya ada 89 Omda yang akan disiapkan sebagai ujung tombak kampanye kampus IPB.

“Kami menghimbau kepada mahasiswa IPB yang tergabung dalam Omda untuk ikut serta melakukan sosialisasi tentang kampus IPB di SMA di daerahnya masing-masing, ujar Dr. drh. Mokh. Fahrudin, Kepala Bagian Promosi, Biro Komunikasi IPB, di sela-sela Workshop Persiapan Sosialisasi IPB Ke SMA pada Minggu (11/11) di Auditorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA IPB).

IPB akan memberikan fasilitas kepada Omda yang akan melakukan sosialisasi di daerahnya. Fasilitas yang akan diberikan diantaranya adalah materi presentasi, brosur, poster dan aneka  souvenir IPB.  Tidak hanya itu, bagi Omda yang akan melakukan sosialisasi melalui kegiatan seminar, pihaknya akan mengirimkan narasumber langsung dari IPB.

“Khusus bagi Omda yang mengadakan seminar di daerah asalnya, kami akan mengirimkan dosen maupun alumni sebagai narasumber. Meski, tidak menutup kemungkinan, kami juga akan mengirimkan duta institut ke acara seminar tersebut,” tambah Dr. Fahrudin.

Supaya kegiatan kampanye berjalan lancar, IPB memberikan berbagai pelatihan bagi mahasiswa yang tergabung dalam Omda. Beberapa pelatihan yang diberikan adalah public speaking, penyampaian presentasi yang baik dan peningkatan pemahaman materi sosialisasi IPB.

Dr. Fahrudin mengaku, dengan diberikan pelatihan, Omda dapat melakukan kampanye dengan menarik sehingga para siswa-siswi SMA antusias menyimak pemaparan materinya. Pasalnya, kampanye yang akan dilakukan oleh IPB tidak hanya melalui seminar saja, melainkan dilakukan dengan roadshow ke SMA asal masing-masing Omda. Roadshow tersebut dilakukan supaya interaksi antara Omda dengan siswa lebih aktif dan lebih intensif untuk melakukan diskusi.

“Kalau kegiatan seminar kan waktunya terbatas, nah dengan roadshow ini harapannya teman-teman Omda lebih leluasa sharing pengalaman kepada adik-adiknya yang masih SMA,” pungkas Dr. Fahrudin

Kegiatan kampanye akan dilaksanakan mulai bulan Januari 2019 dengan menyebarkan surat undangan ke SMA melalui mahasiswa yang pulang kampung. Adapun kampanye itu sendiri rencananya akan dilakukan pada bulan Juni-Juli 2019 dengan sasaran siswa-siswi kelas 11. Hal ini dilakukan supaya siswa-siswi kelas 11 memiliki gambaran tentang kampus IPB dan program studi yang ada. Sehingga di kelas 12 nanti mereka sudah tidak kebingungan dalam menentukan pilihannya.

Workshop ini juga menghadirkan Kepala Sub Direktorat Penerimaan dan Resgistrasi Mahasiswa Baru, Dr. Utami Dyah Syafitri, S.Si., M.Si yang membahas tentang kebijakan penerimaan mahasiswa baru IPB. Dr. Utami Dyah Syafitri, S.Si., M.Si mengatakan bahwa materi promosi yang disiapkan untuk OMDA adalah materi yang berkaitan tentang jalur masuk IPB, beasiswa yang disediakan oleh IPB dan fasilitas kampus. Ia menegaskan bahwa jalur pendaftaran mahasiswa baru IPB tidak berkaitan dengan pendaftaran beasiswa.

“Terutama pendaftaran mahasiswa baru melalui seleksi ketua OSIS, jadi tahap seleksi ini baru sebatas untuk menyaring calon mahasiswa baru melalui prestasi ketua OSIS. Nah jangan sampai salah tafsir bahwa jalur ini merupakan jalur pendaftaran beasiswa, tetapi hanya sebatas seleksi masuk saja,” pungkas Utami.

Maka dari itu, imbuh Utami, sosialisasi kepada siswa-siswi SMA ini menjadi penting bagi IPB kaitannya dalam memberikan penjelsan tentang jalur masuk ke IPB. Ia juga menghimbau kepada mahasiswa OMDA yang akan melakukan sosialisasi supaya memahami terlebih dahulu materi-materi yang diberikan selama pelatihan berlangsung. (Rosyid/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB/Dr. drh. Mokh. Fahrudin

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018