Bogor (Antaranews Megapolitan) - Mengantisipasi banjir pada musim penghujan Relawan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) bersama Tim Reaksi Cepat atau TRC BPBD Kota Bogor melakukan aksi bersih sampah yang menyangkut di jembatan Situ Duit, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Aksi bersih sampah di Jembatan Situ Duit ini melibatkan 15 orang relawan dari TRC BPBD, 10 orang dari Dinas Lingkungan Hidup dan lima orang dari KPC.
Suparno Jumar dari KPC menyebutkan, bulan Februari 2018 lalu saat ketinggian muka air Sungai Ciliwung mencapai 200 meter, air meluap keluar sampai menutup akses jalan di Jembatan Situ Duit menyebabkan kejadian tersebut viral.

"Khawatiran akan terulang lagi kejadian serupa, kami mengajak pihak terkait untuk mau turun bersama-sama membersihkan sampah di Situ Duit," kata Parno.
Menurut Parno, sampah-sampah yang menyangkut di jembatan Situ Duit cukup banyak, volume sampah yang berhasil diangkut oleh relawan baru sekitar 10 persen dari total sampah yang ada.

Sampah-sampah yang menyangkut di baja jembatan itu bermacam-macam, ada patahan pohon, bambu-bambu, dan kayu serta papan yang terbawa arus sungai.

Cukup lama sampah-sampah itu dibiarkan menyangkut di baja-baja jembatan, bahkan debu dari lumpur yang mengering mengangguk aktivitas relawan saat mengevakuasi sampah.

"Medannya cukup sulit, selain lokasi sampahnya sulit dijangkau karena berada di atas sungai, dan tumpukan sampah sudah seperti benang kusut yang sulit diurai," kata Parno.

Kegiatan mulung sampah di jembatan Situ Duit dimulai dari pukul 08.00 sampai 13.00 WIB, total ada sekitar 80 karung sampah dengan bobot 50 kg yang terangkut.

Rizky Nugraha koordinator TRC BPBD Kota Bogor menyebutkan, evakuasi sampah dari jembatan Situ Duit menggunakan teknik 'vertical rescue' yang sudah dikuasai oleh para anggotanya. 

Menurutnya, peralatan yang ada sangat mencukupi untuk melakukan pembersihan sampah di jembatan Situ Duit. 

"Untuk peralatan kita cukup lengkap, hanya kesulitannya saat mengangkut sampah kita tidak prediksi kalau sampah-sampahnya sudah terjalin segitu rapatnya, jadi sulit untuk mengangkatnya," katanya.

Rencananya sampah-sampah yang masih tersangkut di jembatan Situ Duit akan dibersihkan sampai benar-benar bersih. Target Minggu depan sudah harus selesai. 

"Ini upaya BPBD untuk mengantisipasi bencana banjir di musim hujan saat ini," kata Rizky.
 

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018