Cibinong, Jabar (Antaranews Megapolitan) - Bupati Bogor Nurhayanti memberikan penghargaan Ecology Pondok Pesatren (Ecopontren) tingkat setempat kepada Pondok Pesantren Nurul Hidayah Al-I`tisom Kecamatan Leuwisadeng di Bumi Perkemahan Cimandala, Kecamatan Sukaraja.

"Sebelum memberikan penghargaan tersebut, melakukan upacara peringatan Hari Santri Indonesia dan itu sudah sesuai dengan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015," katanya di Kecamatan Sukaraja, Bogor, Jawa Barat, Senin.

Menurut dia, keterlibatan santri dalam penilaian ecopontren award tidak hanya karena termotivasi untuk mendapatkan penghargaan.

Tetapi juga, melembaga menjadi suatu kebiasaan dan kebutuhan untuk membangun lingkungan pondok pesantren yang bersih, indah, asri. Sehingga dapat memberikan pengaruh kesehatan yang baik dan positif bagi calon santri.

"Sudah saatnya para santri berkiprah di garda paling depan, terus berupaya menggali potensi untuk berkiprah mengisi kemerdekaan bangsa dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat," katanya.

Namun juga harus mengamalkan nilai-nilai agama dan memberikan bukti nyata bagi peningkatan kualitas kehidupan umat secara menyeluruh.

Pasalnya dengan adanya kualitas kehidupan beragama maka dapat menghindarkan umat (santri) untuk menghalau tindakan-tindakan yang tidak sesuai tatanan.

Selain itu, juga meminta dengan adanya pengakuan nasional tersebut, sudah saatnya para santri menempatkan diri di garda paling depan. Dan juga harus dapat memaknai sebagai wujud peran santri dalam berbagai aspek.

Ia menambahkan dalam pemberian penghargaan itu adalah salah satu cara dimana sebagai motivator untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

Itu karenanya pemuda bangsa harus lebih memiliki akhlak yang bersinergi dengan nilai-nilai luhur bangsa. Selain itu, juga harus dapat membina kerukunam umat beragama dimana memiliki peranan penting dalam lingkungan sosial.

"Santri harus dapat mengamalkannya, dan melalui agama dapat menghalau segala macam pengaruh buruk dan menghalalkan segala yang baik," katanya.

Lanjut Nurhayanti menjelaskan Ecology Pondok Pesatren (Ecopontren) Award Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2018, pemenang pertama kriteria Khalafiah dimenangkan oleh Pondok Pesantren Ilmu Al Quran, Kecamatan Ciomas dan kriteria Salafiyah.

Dan berharap, pada tahun kedepan dapat lebih meningkatkannya kembali untuk mewujudkan Kabupaten Bogor yang hebat dan berjiwa agama.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018