Bogor, 22/3 (Antara) - Ratusan bakal calon kepala desa dari 202 desa yang mengikuti Pemilihan Kepala Desa 2013 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyampaikan deklarasi damai di Aula Tegar Beriman, Cibinong, Jumat.

"Deklarasi damai itu diselenggarakan sebagai upaya agar penyelenggaraan Pilkades 2013 agar aman dan kondusif," kata Kasubag Humas Polres Bogor AKP Ita Puspitalena.

AKP Ita menjelaskan bahwa deklarasi damai itu digelar bersamaan dalam fasilitas forum koordinasi pimpinan daerah dalam rangka persiapan PAM Pilkades 2013.

Forum koordinasi tersebut diikuti oleh seluruh unsur pimpinan musyawarah daerah, seperti Pemerintah Kabupaten Bogor, Polres, dan Korem 061/Suryakancana. Hadir pula lurah dan camat se-Kabupaten Bogor, Kapolsek, Danramil, dan panitia penyelenggara pilkades.

Pelaksanaan Pilkades 2013 akan berlangsung pada hari Minggu 24 Maret, diikuti oleh 202 desa.

"Dari 202 desa penyelenggara pilkades, 167 masuk wilayah hukum Polres Bogor," kata AKP Ita.

Sementara itu, dalam deklarasi damainya para calon kepala desa menyatakan siap melaksanakan pilkades secara langsung, bebas, umum, dan rahasia.

Para calon kades juga berjanji akan menyelenggarakan pilkades secara jujur dan adil.

Para calon kepala desa menyatakan siap bekerja sama dengan kepolisian dalam menyelenggarakan pilkades yang damai.

Calon kades juga siap menerima hasil pemilihan pelaksanaan pilkades yang diselenggarakan, dan berjanji tidak akan mengerahkan massa bila hasil akhir tidak sesuai dengan keinginan.

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dalam rangka persiapan PAM pilkades dan deklarasi damai calon kepala desa ini dipimpin langsung oleh Bupati Bogor Rahmat Yasin, Wakil Bupati Karyawan Faturahman, Kapolres Bogor, AKBP Asep Safrudin, Ketua BPMPD selaku penyelenggara Pilkades 2013, Kajari Cibinong, dan Kepala Pengadilan Negeri Kabupaten Bogor.



Laily R

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013