Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Pemerintah Kota Sukabumi menargetkan untuk menciptakan 10 ribu wirausahawan baru dalam waktu lima tahun karena kota ini merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang merupakan pusat jasa dan perdagangan.

"Sebenarnya visi dan misi kami saat kampanye lalu target menciptakan wirausahawan baru tersebut sebanyak 5 ribu orang, tapi melihat geliat warga Kota Sukabumi yang memilih menjadi wirausahawan cukup tinggi kami yakin target tersebut tercapai," kata Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami di Sukabumi, Senin.

Menurutnya, banyak warga Kota Sukabumi yang berpotensi menjadi wirausawahan sehingga pihaknya membuat Sukabumi Kreatif yang berasal dari semua sektor wirausaha mulai dari kuliner, industri, seni, kebudayaaan, kerajinan hingga teknologi.

Target wirausahawan baru ini yakni seperti mereka yang baru memulai usaha tetapi butuh pengembangan permodalan maupun teknologi. Selain itu ada juga yang sama sekali belum bekerja atau berwirausaha sehingga pihaknya menyediakan inkubator bisnisnya agar tepat bisnis tang akan dilaksanakannya.

Dalam menggalang wirausahawan baru ini harus dibangun terlebih dulu jiwanya ke seluruh jaringan. Agar dalam melaksanakan usahanya sudah benar-benar siap khususnya mental dan inovasi agar bisa bersaing dengan wirausawahan lainnya.

"Kami menyiapakan entrepreneurship ke seluruh jaringan sehingga calon wirausahawan bisa membaca peluang usaha yang tepat di tengah semakin majunya dunia teknologi informasi," tambahnya.

Di sisi lain, Andri mengatakan penciptaan 10 ribu wirausahawan baru ini berkaitan dengan progam pengentasan pengangguran. Melalui sektor usaha ini tidak hanya untuk pribadi, tetapi pasti membutuhkan tenaga kerja sehingga akan membantu mengurangi angka pengangguran.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018