Depok, 21/3 (Antara) - Universitas Indonesia (UI) kembali meluncurkan mobil hemat energi, ramah lingkungan dan ultra-efisien  jenis Keris RV dan Kalabia Evo-3 type baru.

"Dua type ini merupakan pengembangan dari type sebelumnya, yaitu Kalabia Evo 3 hasil rancangan tim Sadewa dan Keris RV 4 rancangan tim Nakoela," kata Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Bambang Sugiarto di kampus UI Kamis.

Ia mengatakan kedua mobil itu dipersiapkan untuk kembali berpartisipasi dalam Shell Eco-Marathon (SEM) Asia di Sirkuit Sepang, Malaysia, Juli 2013 nanti.

Menurut dia pihaknya siap berkompetisi dalam ajang Shell-Eco Marathon 2013 yang keempat kalinya ini pada dua kategori yaitu prototype dan urban concept yang berfokus pada penggunaan bahan bakar yang efisien.

"Untuk kategori prototype adalah kendaraan berbentuk futuristik yang bertujuan untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar melalui elemen desain yang inovatif," ujarnya.

Sedangkan untuk kategori urban concept lanjut dia lebih memperhatikan desain kendaraan konvensional roda empat yang hemat bahan bakar, sesuai dengan kebutuhan pengemudi saat ini.

"Keduanya dirancang untuk tujuan yang sama, menempuh jarak yang terjauh dengan satu liter bahan bakar," jelasnya.

Dikatakannya pada 2012, UI mengirimkan tiga tim, tahun ini UI hanya mengirim tiga tim untuk berpartisipasi dalam dua kategori kompetisi, prototipe dan urban concept, yang berfokus pada efisiensi penggunaan bahan bakar.

"Untuk pengembangan dua type ini, pihaknya mengeluarkan uang sekitar Rp 1 miliar," ujarnya.

Pada kategori prototype UI mengirimkan tim Nakoela yang telah merancang keris RV dengan target konsumsi bahan bakar 450 kilometer untuk satu liter.

Manager  Tim Sadewa, Rijamuddin Aulia menjelaskan mobil Keris RV berkapasitas 110 cc dengan target konsumsi bahan bakar 450 kilometer per liter.

Untuk Kalabia evo-3 dilengkapi bearing keramik untuk mengurangi friksi yang tidak berguna. Mobil dengan berat 96 kilogram ini memiliki kapasitas 155 cc.

Sedangkan Manager tim Nakoela perancang mobil itu, Gendipatih mengatakan mobil ini bertujuan sebagai basis penelitian dalam pengembangan kendaraan hemat bahan bakar yang kelak bisa digunakan masyarakat.

"Keris RV juga dilengkapi teknologi injeksi dengan program mable ECU," ujarnya.

Sementara itu, pelaksana tugas Rektor UI, Djoko Santoso mengatakan kerja sama UI dengan Shell ini harus menjadi pemicu bagi bangsa Indonesia untuk menghasilkan produk teknologi yang sangat efisien.  

"Kegiatan teknologi tentunya akan berpengaruh terhadap lingkungan. Oleh karena itu penting diciptakan teknologi efisien sehingga menghemat penggunaan bahan bakar," ujarnya.

Feru L

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013