Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang mempunyai potensi kelautan mumpuni dimanfaatkan oleh masyarakat seperti warga Palabuhanratu yang memperkenalkan wisata arung gelombang kepada wisatawan.
    
"Arung gelombang ini sebenarnya sudah ada sejak lama, tetapi kalah pamornya dengan arung jeram. Maka dari itu, kami ingin lebih mengenalkan olah raga sekaligus berwisata ini kepada wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri," kata Ketua Panitia Pelaksana Arung Gelombang Erik Setiawan di Sukabumi, Sabtu.
     
Menurutnya, ada beberapa titik pantai yang dijadikan wisata adrenalin tersebut seperti Pantai Citepus di Kecaamatan Palabuhanratu dan lain-lain. Setiap satu perahu karet diisi oleh enam orang dan satu pemandu.
     
Wisatawan bisa menikmati bagaimana sensasinya mengarungi gelombang laut selatan Kabupaten Sukabumi yang terkenal tinggi. Tapi pihaknya menjamin keselamatan para pelancong karena dipandu oleh tenaga ahli yang sudah bersertifikat dan berpengalaman.
     
Selain itu, wisatawan pun diawajibkan menggunakan life jacket dan pelindung kepala. Ini bertujuan untuk menjaga keselamatan dan meminimalisasikan terjadinya kecelakaan atau cidera.
     
Pihaknya sengaja mempromosikan potensi wisata ini bertujuan untuk menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara agar datang ke objek wisata laut Sukabumi yang selama ini pelancong hanya bisa berenang di sekitaran pantai saja.
     
"Kami berharap kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan, karena merupakan sport wisata yang jarang ditemui di objek wisata lainnya di Indonesia dan juga bisa jadi ikon wisata olah raga di Sukabumi," tambahnya.
     
Sementara, Wakil Ketua Badan Penyalamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi Asep Edom Saepulloh mengatakan selain tempat untuk berwisata beberapa titik objek wisata laut di selatan Kabupaten Sukabumi merupakan tempat atlet mancanegara untuk berlatih keahliannya.
     
Seperti salah satunya di Pantai Cimaja, Kecamatan Cisolok dan Pantai Citepus, Kecamatan Palabuhanratu. Di lokasi tersebut merupakan tempat berlatih atlet seluncur bahkan Palabuhanratu pun memiliki atlet selancar yang namanya sudah mendunia seperti Dede Suryana yang juga merupakan atlet kebanggaan Indonesia.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018