Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menyiapkan kios gratis untuk warga yang ingin berdagang di Pasar Semimodern Surade.

"Kami siapkan 200 kios dan gratis, dengan catatan kios tersebut diprioritaskan untuk pedagang lama yang teknis pengaturan pembagiannya diserahkan kepada pihak kecamatan dan unit pasar," kata Kepala DPKUKM Kabupaten Sukabumi Asep Japar di Sukabumi, Jumat.

Menurutnya, Pasar Surade tengah direvitalisasi yang awalnya tradisional menjadi semimodern yang tujuannya untuk meningkatkan pendapatan pedagang, kenyamanan konsumen khususnya dalam transaksi jual beli dan tentunya bersih.

Pihaknya menargetkan pembangunan kios dan los di Pasar Surade tersebut bisa selesai pada akhir 2018 ini sehingga pada 2019 sudah bisa beroperasi. Nantinya pasar tersebut juga bisa menampung berbagai hasil bumi warga yang ada di daerah selatan Kabupaten Sukabumi.

Anggarannya bersumber dari bantuan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2018 dengan nilai total mencapai Rp6 miliar. Diharapkan pembangunan ini bisa selesai tepat waktu karena pedagang sudah ingin segera menempati tempatnya yang baru tersebut.

"Dengan revitalisasi pasar ini akan bisa mempercepat perputaran roda ekonomi di selatan Kabupaten Sukabumi, sehingga masyarakat tidak perlu jauh datang ke kota untuk membeli kebutuhan pangan yang dibutuhkannya," tambahnya.

Asep mewanti-wanti agar dalam penyerahan kios tersebut kepada pedagang jangan sampai ada pungutan sekecil apapun, karena jika dilanggar, akan ditindak sesuai hukum yang berlaku.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018