Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Kondisi cuaca yang sudah membaik di perairan laut Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, berimbas positif terhadap harga ikan laut yang kembali normal setelah sempat tinggi karena minimnya pasokan ke pasar ikan.

"Harganya normal, bahkan untuk jenis tongkol saat ini pasokannya cukup melimpah ke tempat pelelangan ikan (TPI) Palabuhanratu," kata Hendra, salah seorang penjual ikan laut segar di Pasa Ikan Laut Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP) di Sukabumi, Minggu.

Adapun harga ikan laut segar untuk tingkat eceran di pasar ikan saat ini tongkol Rp25 ribu/kg, tuna Rp30 ribu/kg, cumi-cumi Rp25 ribu/kg dan eteman Rp25 ribu/kg. Sementara untuk ikan layur ada penaikan harga karena permintaan yang meningkat sedikit yakni dari harga Rp65 ribu menjadi Rp75 ribu/kg.

Menurut dia, untuk persediaan ikan laut segar di Palabuhanratu tidak selalu kurang, karena pasokannya tidak hanya dari Sukabumi saja tetapi dari berbagai daerah. Bahkan, di saat tangkapan ikan minim atau musim paceklik persediaan masih ada namun harganya memang sedikit mahal.

Di tempat yang sama pedagang ikan laut segar lainnya Khoer menyebutkan harga ikan di Palabuhanratu memang sangat tergantung dari pasokan nelayan, seperti beberapa bulan ke belakang harganya sempat melambung karena cuaca buruk.

"Tetapi setelah cuaca normal harga ikan laut segar kembali normal, apalagi saat banjir ikan atau musim panen. Beberapa jenis ikan harganya sangat murah seperti tongkol bisa diobral," tambahnya.

Sementara,?Kepala Seksi Operasional Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP) Tatang Suherman mengatakan produksi atau hasil tangkapan ikan laut segar dari nelayan setiap harinya selalu berfluktuasi.

Namun harus diakui setiap tahunnya produksi ikan yang sampai ke TPI Palabuhanratu selalu berkurang yang dikarenakan musim paceklik berkepanjangan.

Nelayan sudah melaut lagi secara normal tidak seperti pada Juli dan Agustus hanya beberapa saja yang melaut karena gelombang tinggi dan itupun hanya nelayan yang menggunakan perahu berukuran besar.

"Untuk persediaan ikan laut segar di pasar tidak hanya dari nelayan Sukabumi saja tetapi juga ada yang dari Jakarta serta dibantu oleh nelayan andon yang mencari ikan di laut Sukabumi," katanya.
 

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018