Purwakarta (Antaranews Megapolitan) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta siap melakukan kolaborasi pendidikan dengan Finlandia University, untuk meningkatkan kapasitas pendidikan di daerah tersebut.

"Sistem pendidikan berkarakter yang digagas mantan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi sudah lama diterapkan di Purwakarta akan dikolaborasikan dengan sistem pendidikan di Finlandia," kata Kepala Disdik setempat Purwanto, dalam siaran pers yang diterima di Purwakarta, Kamis.

Ia menambahkan kerja sama dengan Finlandia University itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru serta pendidikan di Purwakarta. Kerja sama itu dilakukan karena Finlandia merupakan negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Dengan adanya kerja sama itu, sebut dia Disdik Purwakarta akan belajar bagaimana sistem pendidikan di Finlandia, terutama pola pengajaran guru di sekolah. karena ?hal yang terpenting adalah cara guru menghadapi siswa di sekolah.

"Sistem kurikulum memang berbeda, tetapi ada subtansi yang sama. Bagaimana cara guru memperhatikan murid memperlakukan murid itu yang penting," ujarnya.

Executive Vice President Finlandia University, Pasi Kaskinen, mengapresiasi pola pendidikan di Purwakarta, bahkan dirinya menemukan kesamaan pola dalam sistem pendidikan, bagaimana membangun karakter dan bakat siswa sejak kecil.

"Di sana (Filandia), sejak dini siswa diajarkan oleh guru bagaimana mandiri, mengasah bakat dan siswa harus memiliki basic skill," kata dia.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018