Karawang (Antaranews Megapolitan) - Ribuan pencari kerja memadati kawasan bursa kerja (job fair) di salah satu mal wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis.

"Ada 17 perusahaan yang membuka lowongan kerja pada job fair kali ini," kata Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat Ayi Mukhtar, di Karawang.

Ia mengatakan, kegiatan bursa kerja tersebut merupakan kegiatan Kementerian Tenaga Kerja, sedangkan Dinas Tenaga Kerja Karawang hanya sebagai pelaksana kegiatan.

"Job fair ini terbuka untuk umum, bukan untuk warga Karawang saja," katanya.

Ia mengatakan, para pencari kerja bisa mendaftar secara daring setelah mendaftar harus datang untuk membawa langsung lamarannya ke perusahaan yang dituju.

Untuk memasuki lokasi bursa kerja tersebut, para pencari kerja cukup menyerahkan barcode pendaftaran yang didapat secara online.

Meski disebutkan terdapat 17 perusahaan yang membuka lowongan kerja pada kegiatan job fair tersebut, tapi Ayi mengaku tidak mengetahui kuota tenaga kerja yang akan diterima oleh perusahaan yang membuka lowongan kerja tersebut.

"Job fair ini digelar selama dua hari, pada 12-13 September 2018," katanya.

Catatan Dinas Tenaga Kerja setempat, pada hari pertama job fair atau Rabu (12/9), terdapat lebih dari 70 ribu pencari kerja yang mendaftar secara online.

Dari puluhan ribu pencari kerja yang mendaftar itu, tercatat lebih dari 3 ribu pencari kerja mendatangi areal bursa kerja tersebut.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018