Purwakarta, Jawa Barat (Antaranews Megapolitan) - Sebanyak 30.000 anak di Kabupaten Purwakarta akan memiliki Kartu Identitas Anak tahun ini.

"Kartu Identitas Anak ini tidak semata-semata identitas bagi anak, ada beberapa manfaat dengan memiliki kartu identitas ini," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Purwakarta Wilman Sulaeman saat dihubungi di Purwakarta, Sabtu.

Kartu Identitas Anak tersebut, menurut dia, antara lain bisa digunakan untuk mendapatkan potongan harga saat membeli buku serta potongan biaya saat membuat paspor atau mengunjungi tempat rekreasi.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta pada tahap awal menargetkan Kartu Identitas Anak bisa dimiliki 30.000 pelajar Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan mendistribusikan Kartu Identitas Anak, yang berlaku sampai anak menjadi dewasa dan wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk, berkoordinasi pengurus sekolah.

Guna menerbitkan 30.000 Kartu Identitas Anak tahun ini, kata Wilman, pemerintah kabupaten mengalokasikan anggaran Rp75 juta.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018