Karawang (Antaranews Megapolitan) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengimbau masyarakat tidak membuang puntung rokok sembarangan, karena bisa memicu kebakaran lahan kosong yang dipenuhi ilalang dan pepohonan.
   
"Kita mengimbau masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan. Karena ini yang menjadi penyebab kebakaran lahan-lahan kosong," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat Asep Wahyu saat dihubungi di Karawang, Sabtu.
   
Ia menyampaikan imbauan tersebut karena beberapa waktu terjadi kebakaran ilalang dan pepohonan di lahan kosong sekitar kawasan industri Karawang.
   
Kondisi itu cukup membahayakan karena bisa mengancam pemukiman warga, terhambatnya tranportasi industri dan terganggunya arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek, karena lokasinya berdekatan dengan jalan tol.
   
Dikatakannya, kemarau panjang seperti saat ini menyebabkan ilalang dan pepohonan yang mengering. Sehingga mudah terbakar ketika disulut puntung rokok sekalipun. 
   
"Kebiasaan masyarakat membuang puntung rokok yang masih menyala itu bisa membahayakan. Jadi kami imbau itu tidak dilakukan," kata dia.
   
Ia mengakui selama sepekan ini di beberapa titik sekitar Karawang telah terjadi kebakaran lahan kosong yang dipenuhi ilalang dan pepohonan.
   
"Kita masih melakukan pendataan lokasi kebakaran lahan kosong dan kita juga terus melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang rawannya kebakaran lahan kosong," kata Asep. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018