Bogor (Antaranews Megapolitan) - Kulit wajah merupakan bagian tubuh yang paling sensitif terhadap berbagai masalah kesehatan. Berbagai masalah kulit wajah yang timbul seperti jerawat, kulit kering, berminyak, flek hitam, dan kulit kusam seringkali mengganggu penampilan wajah sehingga membutuhkan perawatan kecantikan.

Produk-produk kecantikan sudah banyak tersebar di pasaran, dari harga yang ekonomis hingga harga yang mahal. Namun beberapa produk kosmetik kulit wajah ada yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri. Sehingga solusi terbaik adalah memanfaatkan bahan alam yang potensial untuk mengatasi permasalahan kulit wajah.    

Berawal dari kondisi tersebut mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil membuat inovasi yang unik dan menarik sebagai solusi herbal atasi masalah jerawat di wajah.

Masker Rumput Laut dan Ampas Teh yang disingkat Masrutam merupakan inovasi karya tiga orang mahasiswa IPB yang berhasil mendapat pendanaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di bidang penelitian.

Masker herbal yang dibuat dari ekstrak rumput laut (Sargassum sp.) dan ampas teh (Eucheuma cottonii) ini telah diteliti mampu untuk mencegah dan menghilangkan pertumbuhan bakteri penyebab utama jerawat yaitu Propionibacterium acnes.

Inovasi Bintang Efrata Aprilia, Andika Fransiskayana dan Mutiara Rahmawati dengan bimbingan oleh Prof. Nurjanah berhasil memanfaatkan bahan alam yaitu rumput laut dan limbah alami ampas teh untuk produk kecantikan.

Pada rumput laut terdapat komponen senyawa aktif polifenol. Senyawa inilah yang menyebabkan rumput laut mampu bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan juga ditemukan pada ampas teh. Kombinasi rumput laut dan limbah ampas teh mampu menghasilkan masker wajah yang tekstur dan pengemasannya tak kalah cantik dengan masker wajah yang ada di pasaran.

“Kami telah menguji daya hambat Masrutam terhadap aktivitas pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu berbagai senyawa bioaktif alami yang terdapat di dalam rumput laut dan ampas teh ini mampu menjadikan Masrutam sebagai solusi masker alami yang bermanfaat untuk melembutkan kulit wajah dan kandungan antioksidan yang terdapat dalam Masrutam dipercaya mampu melindungi dari bahaya paparan sinar matahari,” ujarnya.

Masrutam adalah produk masker kecantikan berbahan alami dengan harga yang ekonomis karena memanfaatkan limbah sebagai paduan bahan utamanya. Harapan ke depannya Masrutam dapat diproduksi dalam jumlah banyak dan dapat diminati di pasaran.(UNA/Zul)

Pewarta: Oleh Humas IPB/Bintang Efrata Aprilia dan Tim

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018