Bandarlampung (Antaranews Megapolitan) - Lampung Festival Krakatau sudah jadi brand tersendiri untuk provinsi di ujung Sumatera, Lampung ini.

Tidak hanya mendunia lewat destinasi pariwisata, even tahunan ini juga telah terbukti mampu mendatangkan para investor.

Salah satunya, Guangdong Six&one Group, dari Tiongkok.

Chairman Guangdong Six&one Group, Andy Guo, menjelaskan pihaknya telah lama tertarik untuk melakukan investasi di Provinsi Lampung, terutama di bidang Pariwisata.

"Kami telah mendapatkan informasi terkait Lampung Krakatau Festival 2018. Kami sangat tertarik untuk melakukan investasi di Lampung, terutama dibidang pariwisata. Dan pada kesempatan ini, kami melakukan survei secara langsung terkait kebudayaan dan kepariwisataan yang ada di Lampung," jelas Andy Guo saat menghadiri Opening Ceremony Lampung Krakatau Festival 2018, di Lapangan Saburai, Kota Bandarlampung, Senin (20/8/2018).

Dia menjelaskan pula bahwa pihaknya juga akan turut mempromosikan Lampung di Tiongkok.

"Tentunya kegiatan Lampung Krakatau Festival 2018 akan mempengaruhi investasi kami ke depannya. Dengan masuknya Investor tersebut, tentunya akan berpengaruh dalam meningkatkan industri pariwisata Lampung," jelasnya.

Andy juga berharap, dengan digelarnya Lampung Krakatau Festival 2018 pihaknya dapat melakukan investasi di Provinsi Lampung, terutama terkait Kepariwisataan Lampung.

Diperlukan aksesbilitas yang baik

Menanggapi itu, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo menjelaskan, terdapat 3A sebagai kata kunci dalam meningkatkan kepariwisataan, yaitu atraksi, aksesbilitas, dan amenitas.

Atraksi merupakan kunci dalam mendukung berbagai destinasi kepariwisataan Lampung, yang sebagian besarnya ada di wilayah pesisir kita.

"Pemprov Lampung mengajukan dua wilayah kawasan ekonomi khusus pariwisata, yakni di pantai dan kepulauan pesawaran, serta Krakatau Lampung Selatan. Hal tersebut akan menjadi sektor pariwisata terpadu di Lampung," jelasnya.

Ridho melanjutkan pula bahwa dalam meningkatkan sektor pariwisata, diperlukan aksesbilitas yang baik.

Oleh karenanya, dalam kurun tiga tahun terakhir, Pemprov Lampung menganggarkan lebih dari 50 persen untuk memperbaiki dan meningkatkan infrastruktur di Lampung. Sehingga akses menuju destinasi pariwisata Lampung semakin lancar dan cepat.

"Membicarakan destinasi wisata, yang paling utama bukanlah membicarakan jarak tempuhnya, tetapi waktu tempuhnya. Untuk itu, Pemprov Lampung terus memperbaiki dan meningkatkan infrastruktur di Lampung. Dan Alhamdulillah sekarang jalan-jalan menuju destinasi wisata semakin lancar dan cepat, sehingga kunjungan wisata di Lampung semakin tinggi. Hal ini belum ditambah lagi dengan akan beroperasi secara penuh Jalan Tol Trans Sumatera, akan adanya Bandara Internasional, akan beroperasinya Dermaga Eksekutif. Karena ketika sektor perhubungan berjalan lancar, maka pertumbuhan pariwisata dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Lampung akan semakin meningkat," jelas Gubernur Ridho lagi.

Kunjungan wisata ke Lampung

Terkait dengan pertumbuhan pariwisata Lampung, Gubernur Ridho menjelaskan, kunjungan Wisatawan Nusantara mencapai 11,6 juta, dan kunjungan wisatawan Mancanegara mencapai sekitar 240.000 wisatawan untuk tahun 2017, dan 146.000 wisatawan pada tahun 2016..

Saat ini, Pertumbuhan pariwisata Lampung mencapai 54,4 persen, belum lagi dengan akan adanya Bandara Internasional, maka kunjungan wisatawan ke Lampung akan bertambah sekitar 60 persen.

"Untuk itu, saya mengingatkan untuk terus menjaga, mempertahankan, dan mengangkat Lampung Krakatau Festival sebagai lokomotif pariwisata Lampung," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Budiharto menjelaskan, kegiatan Lampung Krakatau Festival 2018 bertujuan untuk memberikan citra positif kepada seluruh investor dan pelaku usaha pariwisata di Lampung, serta mningkatkan kunjungan pariwisata dari mancanegara ke Lampung.

"Kegiatan ini dilaksanakan pada 20-26 Agustus 2018, Ada empat kegiatan utama, yaitu Pesona Kemilau Sai Bumi Ruwai Jurai, Trip Krakatau, Parade Budaya Lampung Culture and Tapis Carnival, serta Lampung Krakatau Expo," jelas Budiharto.

Dalam kegiatan Lampung Krakatau Festival 2018, terdapat berbagai kegiatan lainnya, seperti Internasional Seminar Krakatau, Pemilihan Duta Kopi, Festival Film Pendek Pariwisata, dan Fotography, Parade Kuliner, Kanian Now, Krakatau Award. (RLs/Humas Prov Lampung/ANT/BPJ/MTh).

Pewarta: Oleh: Humas Pemprov Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018