Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Executive Comitee (Exco) atau Komite Eksekutif Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Jawa Barat optimis Tim Nasional Sepakbola Indonesia bisa melaju sampai final Asian Games 2018.

"Kami yakin di Asian Games 2018 ini Timnas Indonesia bisa menorehkan sejarah baru di dunia persepakbolaan tingkat Asia ini," kata Esco PSSI Jabar Hikmat Nuristawan di Sukabumi, Selasa.

Menurutnya, melihat hasil pertandingan pada babak grup Indonesia hanya kalah dengan skor tipis dari Palestina 2-1 dan keluar menjadi juara grup A dengan raihan sembilan poin. Tentunya ini menjadi penyemangat timnas untuk bisa menorehkan yang terbaik untuk bangsa di ajak kejuaraan olah raga tingkat Asia.

Walaupun di babak 16 besar Indonesia bertemu dengan salah satu tim kuat yakni Uni Emirat Arab (UEA), dirinya yakin tim asuhan Luis Milla bisa menang dan lolos ke babak selanjutnya.

Apalagi sebagai tuan rumah Hansamu dan rekan-rekan mendapatkan dukungan penuh dari suporter fanatik Indonesia yang datang dari berbagai provinsi.

Bahkan, melihat mental timnas di laga terakhir fase grup melawan Hong Kong yang awalnya Indonesia tertinggal satu goal mampu membalikkan keadaan sehingga menang 3-1 hingga pluit panjang ditiup wasit.

Ini menunjukkan performa Timnas Sepakbola Indonesia sedang berada di puncak ditambah dukungan ribuan suporter yang bisa menjadi penambah kekuatan dalam pertandingan. Indonesia terakhir mendapatkan medali perunggu pada Asian Games 1958 dan 1960. Namun hingga belum pernah lagi mendapatkan medali.

"Sejarah akan terukir di Asian Games 2018 ini untuk Timnas Sepakbola Indonesia, maka dari itu kita beri dukungan dan doa dibutuhkan pemain sebagai suplemen penambah semangat dan mental," tambahnya.

Di sisi lain, Hikmat yang akrab dipanggil Sogong mengatakan Indonesia sebenarnya mempunyai banyak bibit atlet sepakbola yang berkualitas contohnya pada U-16 yang baru saja menjuarai kejuaraan Asean Football Federation (AFF). Tinggal bagaimana pembinaan terhadap atlet tersebut hingga masuk fase senior.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018