Cikarang, Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Masyarakat RW.16 Perumahan Cibatu bersama PT Lippo Cikarang Tbk, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melaksanakan karnaval budaya dengan mengambil tema Merajut Kebangsaan Se-Indonesia Kita.

"Karnaval diikuti oleh 3.678 peserta yang tergabung dalam Forum Kebangkitan Umat Beragama (FKUB) yang dimana mengangkat rasa nasionalismu dan patriotisme dalam persatuan maupun kesatuan," kata Ketua RW.16 Perumahan Cibatu, Kabuoaten Bekasi, Arief W di Cibiru, Minggu.

Menurut dia pelaksanaan ini sudah dimulai dari 2013 yang dimana diikuti oleh 800 peserta dan pembukaannya oleh Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin.

Namun untuk saat ini dibuka langsung oleh Camat Cikarang Selatan, Sofian Hadi. Pada kegiatan ini tidak hanya melibatkan orang dewasa tetapi juga anak-anak yang dimana mengenalkan toleransi antar sesama.

Pada kegiatan ini peserta menampilkan berbagai kebudayaan yang ada di Indonesia. Selain itu juga diikuti oleh etnus China dengan membawa budaya maupun adatnya berupa Barong-Shai, dan Liong. 

"Dengan adanya karnaval budaya maka hunian Kawasan Lippo Cikarang merupakan salah satu pelopor Kebineka Tunggal Ika yang pada saat ini saatnya menyatukan dengan berbagai pandangan," katanya.

Ia menambahkan Perumahan Cibatu juga mempunyai ciri khas terbaru dimana mengangkat dengan adanya replika robot transformer.

Itu memiliki artian dimana kebersamaan dan kekokohan masyarakat adalah salah satu kunci terpenting dalam persatuan maupun kesatuan bangsa.

"Tapi juga harus diketahui pada kegiatan ini juga menampilkan berbagai masakan tradisional dari berbagai daerah pada Provinsi Jawa Barat. Dan masakan perpaduan antara tradisional dengan modern," katanya.

Sementara itu, Kepala Humas Lippo Cikarang Tbk, Ria Sormin mengatakan dimana pada kegiatan karnaval budaya merupakan salah satu acara dengan nuansa kebangsaan.

Ini adalah satu peran terpenting dimana masyarakat memang perlu khusuanya anak-anak dalam memaknai arti penting Kemerdekaan dan perjuangan bangsa untuk menjadikan satu.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018