Cikarang (Antaranews Megapolitan) - Tim nasional Jepang dan Vietnam memastikan lolos dari penyisihan Grup D sepak bola putra Asian Games XVIII/2018 setelah membukukan kemenangan pada pertandingan Kamis (16/8) di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kemenangan Jepang atas Nepal dengan skor 4-0 dan Vietnam mengalahkan Pakistan 3-0, Kamis (16/8), membuat kedua tim sama-sama mengantongi 6 poin di klasemen sementara.

Raihan poin Jepang dan Vietnam mustahil dikejar Nepal dan Pakistan yang hingga kini belum mengantongi poin karena menderita kekalahan di kedua pertandingan.

Pada laga perdananya, Selasa (14/8), Pakistan dikalahkan Vietnam dengan skor 0-3, sementara Nepal kalah dari Jepang 0-1.

Laga terakhir antara Jepang kontra Vietnam, Minggu (19/8), di Stadion Wibawa Mukti Cikarang menjadi ajang pembuktian siapa tim terkuat Grup D yang akan tampil sebagai pemuncak klasemen akhir.

Pelatih Pakistan Jose Antonio Goldberger Noguirra angkat bicara terkait peta kekuatan Jepang dan Vietnam berdasarkan hasil pertemuan timnya di lapangan hijau.

"Jepang salah satu tim terkuat Asia. Selama tiga tahun kami mempelajari banyak hal tentang sepak bola dari Jepang," katanya.

Menurut Noguirra, Jepang adalah tim yang memiliki banyak pengalaman bertanding, salah satunya di Piala Dunia 2018 Rusia meski ditumbangkan Belgia pada babak 16 besar.

Meskipun tanpa melibatkan skuat Piala Dunia, tim besutan Hajime Moriasu itu percaya diri dengan barisan pemain muda di bawah usia 23 tahun untuk membawa negeri Matahari Terbit itu menjadi juara di Asia.

Pemain muda Jepang seperti Takuma Ominami, Yuto Iwasaki dan Reo Hatate adalah pemain produktif yang banyak menyumbangkan gol selama mengarungi Grup D.

Selain kemampuan mereka dalam mengontrol bola di lapangan sangat baik, Noguirra juga salut dengan disiplin tim dalam bekerja sama membuka peluang gol.

Noguirra bahkan memberikan julukan kepada Jepang sebagai timnas paling `menakutkan` di wilayah Asia berdasarkan pengalamannya melatih tim sepak bola di Jepang.

"Saya menjadi bagian dari proses perkembangan Jepang tiga tahun silam. Jepang adalah timnas paling menakutkan se-Asia," katanya.

Pelatih kelahiran Brasil itu menganggap timnas Vietnam juga tengah mengalami perkembangan pesat dalam kemampuan serta strategi bermain berdasarkan prestasinya sebagai runner up Piala Asia 2018.

Berikut klasemen sementara Grup D:

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018