Jakarta  (Antaranews Megapolitan) - Rektor Universitas Pancasila Prof Wahono Sumaryono mengatakan Entreprenuership Pancasila merupakan wirausaha yang berlandaskan Pancasila yang tidak hanya mencari keuntungan semata.
   
"Jadi wirausaha yang tidak untuk kepentingan profit semata. Tetapi ketika mendapat keuntungan maka direinvestasi kembali menggelinding kembali untuk menjadi besar untuk berkeadilan sosial," kata Wahono dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Gedung Serba Guna Universitas Pancasila Jakarta, Selasa. 

Wahono mengatakan wirausaha memberikan menciptakan pekrjaan daripada kita menerima pekerjaan sehingga dibutuhkan ketangguhan, keuletan dalam merintis usahanya untuk menjadi sukses.

Dikatakannya orang-orang yang terlibat dalan wirausaha tetap berlandaskan ideologi Pancasila. Sehingga usahanya benar-benar selain mendapat profit juga berkeadilan sosial.

Ia menjelaskan secara filosofis Pancasila merupakan sintesis dari paham-paham besar dunia yang kemudian disesuaikan dengan kondisi bangsa Indonesia sehingga karena menjadi ideologi bangsa dan fasalafah dalam kehidupan kita sehari-hari.

Maka lanjutnya dengan mengacu kita menegakkan Ketuhanan Yang Maha Esa kemudian melaksanakan sila ke-2 Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dan sila ke-3 Persatuan Indonesia dan menerapkan musayawarah mufakat maka akan menghasilkan keadilan sosial.

"Jadi keadilan sosial itu hasil dari proses sila pertama,ketiga, dan keempat. Sedangkan sila kesatu merupakan acuan dasar," jelasnya.
 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018