Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Rombongan terakhir jemaah calon haji (CJH) asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat diberangkatkan pada Sabtu, (11/8) yang sebelumnya mereka dikumpulkan terlebih dahulu di Pusat Pengembangan Dakwah Islam di Kecamatan Cikembar.

"Rombongan terakhir JCH yang diberangkatkan ini sebanyak?381 orang. Mereka tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 86," kata Bupati Sukabumi di sela pelepasan ratusan JCH di Pusbangdai Cikembar, Sukabumi, Sabtu.

Sebelumnya, untuk rombongan pertama hingga ketiga yang masing-masing sebanyak 404 jemaah sudah diberangkatkan terlebih dahulu dan tengah melaksanakan ibadah di tanah suci. Sehingga jika ditotalkan jumlah jemaah haji yang berangkat dari Kabupaten Sukabumi sebanyak 1.593 orang.

Menurutnya, untuk kuota jemaah haji dari kabupaten ini setiap tahunnya meningkat sesuai dengan jatah yang diberikan pemerintah pusat melalui Pemprov Jabar.

Pihaknya mengimbau kepada JCH yang baru diberangkatkan agar selalu menjaga kesehatan, kompak dan mematuhi segala aturan serta selalu berkonsultasi atau berkomunikasi dengan petugas pembimbing ibadah haji.

Selain itu, setiap barang bawaan harus selalu diperiksa agar tidak ada yang hilang atau ketinggalan. Sebab ibadah haji ini selain membutuhkan fisik yang kuat juga harus berkonsentrasi, apalagi di tanah suci akan bergabung dengan jutaan jemaah lainnya dari berbagai negara.

"Kami mohon doanya dari para JCH untuk Kabupaten Sukabumi dan diharapkan seluruh jemaah bisa melaksanakan ibadahnya dengan khusyuk dan menjadi haji yang mabrur," tambahnya.

Marwan mengatakan mulai dari pendaftaran hingga pemberangkatan rombongan gelombang terakhir ini tidak ada permasalahan atau kendala walaupun ada yang sakit tetapi tidak mempengaruhi.

Di sisi lain, warga Kabupaten Sukabumi yang mendaftar untuk menjadi calon jemaah calon haji pun setiap tahunnya meningkat sehingga daftar tunggunya cukup lama hingga belasan tahun.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018