Garut (Antaranews Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, menawarkan objek wisata unggulan yang dapat dinikmati wisatawan dari dalam maupun luar negeri yang mengikuti kegiatan Kirab Obor "Asian Games" selama 12-13 Agustus 2018 di Garut.

"Ada beberapa wisata yang kita siapkan untuk menyambut rombongan Kirab Obor Asian Games nanti," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut, Budi Gan Gan di Garut, Selasa.

Ia menyebutkan, objek wisata unggulan yang ditawarkan pada momentum Kirab Obor Asian Games yakni wisata budaya di Candi dan Situ Cangkuang, Kecamatan Leles, kemudian wisata kawah Gunung Papandayan.

Selanjutnya, kata dia, wisata alam air panas yang sumber airnya langsung dari Gunung Guntur yakni wisata Cipanas Garut di Kecamatan Tarogong Kaler, kemudian wisata air panas Darajat di Kecamatan Pasirwangi.

"Nanti mereka bisa menikmati wisata Cipanas Garut, dan juga bisa ke Darajat, kita juga merekomendasikan ke Gunung Papandayan," katanya.

Selain wisata tersebut, kata dia, ada juga objek lain yang disiapkan pemerintah daerah yakni wisata belanja sentra kerajinan kulit Sukaregang, kemudian wisata kuliner dodol dan cokelat di Chocodot dan Dodol Picnic.

Bahkan, lanjut dia, wisatawan dari peserta rombongan Kirab Obor dapat melihat langsung proses pembuatan dodol sebagai makanan khas dari Kabupaten Garut.

"Nanti mereka juga dapat melihat langsung atraksi pembuatan dodol di pabrik Dodol Picnic," katanya.

Budi menyampaikan, pemerintah daerah juga sudah menyiapkan tempat penginapan atau hotel yang memadai untuk rombongan Kirab Obor Asian Games di kawasan objek wisata Cipanas Garut.

Menurut dia, hotel di kawasan wisata yang tidak jauh dari perkotaan Garut tersebut dapat menampung banyak wisatawan sekaligus bisa menikmati fasilitas air panas alami.

"Kita kan punya Cipanas Garut, di sana banyak hotel atau penginapan konsep alam yang dapat menampung banyak wisatawan," katanya.

Ia berharap, kedatangan rombongan Kirab Obor dari berbagai daerah di Indonesia dan negara asing peserta Asian Games memberikan dampak positif untuk Kabupaten Garut.

Terutama, lanjut dia, dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Garut, sekaligus Garut akan lebih dikenal oleh masyarakat luar Garut maupun luar negeri yang akhirnya mau berkunjung kembali ke Garut.

"Dengan harapan yang pertama nama Garut semakin dipromosikan, khususnya alam serta budayanya, jadi semua bisa terpromosikan, ini suatu kebanggaan," katanya.

Pewarta: Ferry Purnama

Editor : Andi Firdaus


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018