Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Bupati Sukabumi Marwan Hamami menginginkan pembangunan Bandar Udara (Bandara) Sukabumi yang saat ini ditetapkan di wilayah utara tepatnya di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dipindah ke selatan Sukabumi.

"Saya inginnya bandara dibangun di wilayah selatan seperti Kecamatan Ciracap atau Surade untuk menunjang keberadaan Geopark Ciletuh Palabuhanratu dan berpotensi menjadi bandara perintis," katanya di Sukabumi, Senin.

Menurutnya, sebenarnya adanya bandara di Sukabumi ini sudah lama menjadi mimpi dirinya, bahkan jauh sebelum Kementerian Perhubungan menetapkan lokasi di Cikembar, pembangunan awalnya direncanakan di wilayah Kecamatan Surade sehingga muncul nama Bandara Citarete.

Namun, dari hasil kajian ditingkat Kemenhub ada tiga kecamatan yang diprioritaskan untuk menjadi lokasi pembangunan bandara yakni Kecamatan Cikembar, Cikidang dan Surade. Akhirnya dipilihlah Kecamatan Cikembar karena lokasinya yang dinilai strategis sebab keberadaannya di tengah-tengah.

Tapi pihaknya akan tetap mendukung langkah pemerintah pusat untuk mempercepat pembangunan ini apalagi informasinya pembebasan lahan ditargetkan selesai 2018 ini sehingga pada awal 2019 sudah bisa dilaksanakan pembangunan fisik.

"Seluruh elemen masyarakat harus mendukung progam pembangunan insfrastruktur transportasi ini karena dampak positifnya akan besar seperti mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan. Apalagi dengan adanya bandara ini wisatawan mancanegara yang datang ke objek wisata di Kabupaten Sukabumi akan meningkat drastis," tambahnya.

Marwan mengatakan pembangunan konektivitas insfrastruktur mulai dari Tol Bocimi, jalur ganda kereta api Sukabumi-Bogor dan Bandara Sukabumi tentunya berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Dan dipastikan kedatangan investor dan wisatawan akan meningkat drastis.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat kunjungan kerja ke Sukabumi beberapa hari lalu mengatakan dipilihnya Kecamatan Cikembar sebagai lokasi pembangunan bandara ini karena strategis seperti dekat dengan DKI Jakarta, pusat Kota Sukabumi serta menunjang keberadaan Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

"Kami targetkan pada 2022 Bandara Sukabumi sudah bisa dioperasikan untuk pembangunan dimulai pada 2019 dan target penyelesaiannya pada 2021," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018