Bogor (Antaranews Megapolitan) - Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan fauna yang melimpah. Namun sayangnya fauna endemik Indonesia saat ini sudah sangat sedikit bahkan sebagian fauna sudah ada yang punah.

Lima mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menciptakan inovasi permainan yang terinspirasi dari permainan Jumanji, yang mereka sebut Yokawan. Mereka adalah Hilma Rosmy Naziah, Huky Arvi Loany, Fanisya Febrianti Hernada, Sukma Dewi Heidy Santoso, dan Sri Wulan.

“Kami sangat miris melihat anak-anak tidak mengenal fauna asli dan endemik Indonesia bahkan mereka sekedar mengetahui pun tidak,” ujar Hilma, Ketua Tim Penggagas Yokawan.

Yokawan merupakan media permainan yang berisi tentang macam-macam fauna endemik Indonesia. Dengan metode bermain sambil belajar, Yokawan berusaha mengenalkan fauna endemik Indonesia mulai dari nama lokal, habitat asal, dan sebaran di Indonesia.

Melalui permainan Yokawan, kelima mahasiswa tersebut berhasil menciptakan nuansa baru belajar mengenal fauna endemik Indonesia dengan cara menyelesaikan misi di dalam permainan. Misi tersebut berupa mencapai titik tengah Yokawan secara bersamaan. Pemain yang terdari dari empat orang harus bekerjasama dan saling membantu memecahkan tantangan yang disediakan di papan permainan. Apabila pemain tidak bisa memecahkan tantangan maka akan mendapat sanksi yakni berkurang nyawanya dan dilewati satu kali putaran permainan berikutnya.

“Yokawan telah diaplikasikan di SDN Cihideung Ilir Bogor dan diterima oleh anak-anak secara antusias. Anak-anak pun juga lebih cepat mengenal dan menghafal nama-nama fauna endemik Indonesia,” ujarnya.

Permainan Yokawan juga sudah diterapkan di Ciampea dan sangat diterima oleh anak-anak. Saat ini Yokawan sedang dipromosikan di beberapa daerah tempat asal tim Yokawan seperti di Bandung, Ciawi, Cianjur, dan Indramayu.

Saat ini Yokawan merupakan salah satu tim yang lolos Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKMM). Tim Yokawan tidak sendirian menjalankan programnya, namun mereka mendapat bimbingan Dr. Martua Sihaloho, M.Si sebagai dosen pembimbing.

Rencana ke depan, permainan Yokawan akan disempurnakan lebih baik agar dapat diaplikasikan oleh masyarakat umum.(Rosyid/Zul).

Pewarta: Oleh: Humas IPB/Hilma Rosmy Naziah dan Tim

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018