Cibinong, Bogor (Antaranews Megapolitan) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Jawa Barat mempercantik luar Stadion Pakansari, kecamatan Cibinong dengan dihiasi kebun sayuran dan tanaman bunga menjelang Asian Games 2018.

"Ini adalah salah satu cara guna menunjukkan di mana pada daerah setempat adalah kawasan hijau yang kaya akan berbagai tumbuhan maupun pertanian," kata Kepala Bidang Dispora Kabupaten Bogor, Rudy Achdiyat, di Cibinong, Minggu.

Menurut dia, beragam jenis tanaman sayuran seperti cabai, jagung, tomat, buah semangka, markisa, dan lain sebagainya ditanam pada lokasi dekat pintu VVIP.

Dan dengan adanya hal tersebut tentunya dapat menambah pesona, di mana adanya tanaman bunga maupun perkebunan berupa sayuran, hingga buah-buahan.

Hal ini memang sedikit berbeda dari konsep stadion pada umumnya yang digunakan untuk perhelatan Asian Games. Itu dikarenakan dengan konsep pertanian, maka akan meningkatkan perwujudan dari program pemerintah daerah.

"Awalnya area perkebunan di kawasan Stadion Pakansari tersebut untuk menyambut helaran Hari Krida Pertanian (HKP) ke-46," katanya.

Sehingga bila hal tersebut harus diubah, maka akan menambah biaya pengeluaran yang tidak sedikit, sehingga melakukan pemerataan agar dapat menjadikan lebih indah.

Penanaman itu sendiri lebih kepada penggabungan antara tanaman buah, sayuran dan bunga.

Dengan begitu maka perpaduan corak dan warna akan menjadikan jauh lebih bernuansa. Dan dengan adanya penggabungan, maka akan cukup luas cakupan artiannya.

Ia menyatakan, keberadaan area perkebunan tersebut memang memberikan kesan yang sedikit berbeda terhadap Stadion Pakansari.

Pihaknya pun berencana untuk merawat tanaman tersebut sekaligus menyambut helaran Asian Games 2018 yang tidak lama lagi akan digelar.

"Ini adalah salah satu di mana kreativitas berbeda dan menunjukkan bahwa Indonesia kaya akan perbedaan. Namun, dengan perbedaan, maka akan menjadi satu," katanya.

Sementara itu, salah seorang masyarakat dari kecamatan Cibinong, Ali (37) mengatakan keberadaan tanaman hias dan perkebunan itu memang sedikit langka.

Tetapi bila hal ini memiliki maksud di mana Indonesia adalah area dengan perbedaan, maka itu hal baik. Dikarenakan dengan adanya perbedaan, maka akan bermunculan keanekaragaman.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018