Cikarang, Bekasi  (Antaranews Megapolitan) - Sebanyak 410 jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Bekasi, Jawa Barat diberangkatkan menuju Embarkasi Haji Bekasi oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi, Sunandar di Gedung Wibawa Mukti dari Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat.

"Pelepasan gelombang kedua jemaah calon haji (JCH) Kabupaten Bekasi hari ini merupakan kelompok terbang (kloter) 26," kata Sunandar di Cikarang, Selasa.

Sunandar mengatakan kloter 26 penuh asal Kabupaten Bekasi berjumlah 410 orang yang terdiri atas 404 calhaj, dan enam petugas kloter.

Ia mengingatkan kepada JCH bahwa keberangkatannya ke Tanah Suci Mekkah, selain menunaikan rukun Islam juga membawa nama baik daerah yang harus dijaga sebaik-baiknya dengan menaati segala ketentuan dan aturan pelaksanaan haji.

"Keberangkatan ini patut kita syukuri mengingat animo yang tinggi, jadi harus dipergunakan dengan baik," katanya.

Kepada JCH Sunandar berpesan, agar dapat menjalankan ibadah di Tanah Suci dengan penuh kekusyukan, selalu menjaga ketertiban, serta mengikuti aturan yang ada dari mulai diberangkatkan hingga berada di Mekkah.

"Manfaatkan kesempatan dan waktu selama di Tanah Suci. Apa yang kita lakukan untuk ibadah. Semoga pulang ke Tanah Air dalam keadaan sehat wal afiat, mari kita doakan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh," katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Shobirin menambahkan pelepasan haji bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan kepada JCH asal Kabupaten Bekasi dan memberikan motivasi mereka agar mentaati peraturan yang ada.

"Juga memelihara nilai-nilai kemabruran wal mabruroh hajinya. Terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu kelancaran proses pelepasan ini," katanya.

Sampai saat ini pihaknya telah melepas sebanyak 820 calhaj setempat yang terbagi atas dua gelombang keberangkatan yakni kloter 3 dan kloter 26 dengan jumlah jamaah sebanyak 410 tiap kloter.

"Setelah ini kloter 40, 50, 79, 87, dan kloter 96," katanya.

Dengan rincian kloter 40 sebanyak 410 jamaah penuh asal Kabupaten Bekasi yang akan dilepas pada Sabtu (28/7), kemudian 214 calhaj kloter 50 pada 1 Agustus, disusul kloter 79 yang membawa 410 jamaah dan kloter 87 dengan 151 jamaah, serta terakhir kloter 96 dengan 87 calhaj.
 

Pewarta: Mayolus Fajar D dan Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018