Cikarang, Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Satu dari 16 partai politik peserta pemilihan umum 2019 tidak mendaftarkan bakal Calon Legislatif (Caleg) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat menutup pendaftaran bakal Caleg.

"Tanggal 17 Juli 2018 jam 24.00 WIB adalah batas akhir pengajuan dokumen Bakal Caleg dari partai politik peserta Pemilu Legislatif 2019," kata Ketua KPU Kabupaten Bekasi Idham Holik di Cikarang, Kamis.

Idham mengatakan partai politik yang tidak mendaftarkan Bakal Calegnya adalah Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) sehingga Bakal Caleg dari partai tersebut tidak akan ikut serta dalam Pemilu Legislatif 2019.

"Iya mas, khusus pemilu Legislatif anggota DPRD Kabupaten Bekasi tahun 2019," katanya. Sementara 15 partai politik lainnya telah mendaftarkan Bakal Calegnya di antaranya PKB, PKS, Demokrat, PAN, Nasdem, Berkarya, PSI, Golkar, Perindo, Gerindra, PDI Perjuangan, PPP, Hanura, PBB dan Garuda pada Selasa kemarin.

Idham melanjutkan berkas pendaftaran Bakal Caleg ke 15 partai politik tersebut selanjutnya akan dilakukan verifikasi oleh KPU Kabupaten Bekasi.

"Saat ini berkas Bakal Caleg masih tahap penelitian dan selanjutnya akan masuk ke tahap verifikasi. KPU Kabupaten Bekasi akan merilis DCS paling lambat 12 Agustus 2018," katanya.

Sesuai ketentuan setiap partai politik di Kabupaten Bekasi wajib mendaftarkan 50 orang Bakal Caleg dari enam Daerah Pemilihan (Dapil) sesuai alokasi kursi.

Dapil I meliputi Kecamatan Cibarusah, Bojongmangu, Setu, Cikarang Selatan, Cikarang Pusat dan Serang Baru dengan alokasi 10 kursi, disusul Dapil II meliputi Kecamatan Cibitung dan Cikarang Barat dengan tujuh kursi. Dapil III meliputi Kecamatan Tambun Selatan merebutkan delapan kursi.

Kemudian Dapil IV meliputi Kecamatan Tarumajaya, Babelan, Sukawangi, Tambelang dan Tambun Utara untuk 10 kursi, lalu Dapil V meliputi Kecamatan Kedungwaringin, Sukakarya, Kedungwaringin, Cabangbungin dan Muaragembong tersedia tujuh kursi serta Dapil VI meliputi Kecamatan Cikarang Timur, Cikarang Utara dan Karang Bahagia yang akan berebut delapan kursi.

Pewarta: Mayolus Fajar D dan Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018