Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Jawa Barat mengubah rute pemberangkatan calon jemaah haji (CJH) menuju Bandara Soekarno-Hatta melalui Jalan KH Noer Alie Kalimalang akibat situasi kemacetan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Rencana penutupan sebagian lajur Tol Jakarta-Cikampek mulai hari ini sudah kita antisipasi. Kita punya jalur alternatif di Jalan KH Noer Alie Kalimalang langsung naik tol," kata Ketua PPIH Jabar, H A Buchori di Bekasi, Selasa.

Menurut dia, lintasan arteri Jalan KH Noer Alie Kalimalang akan menghindari kemacetan di sekitar jalur dari Tol Barat hingga Cikunir, khususnya pada jam sibuk.

Rombongan CJH dari Embarkasi Jabar di Jalan Kemakmuran, Bekasi Selatan akan melintasi rute Jalan Ahmad Yani-Jalan KH Noer Alie Kalimalang-Cawang-Bandara.

"Mudah-mudahan kalau ada program penutupan, akan kita koordinasi dengan instansi terkait untuk penyediaan jalur alternatif lain. Kalau lewat jalur Kalimalang akan jauh lebih efektif," jelasnya.

Buchori menambahkan, kepadatan di lintasan Tol Jakarta-Cikampek diperkirakan berimbas pada jalan alternatif di Kota Bekasi.

"Biasanya jeda dari embarkasi ke bandara sekitar enam jam, karena kondisi lalin saat ini diperkirakan bertambah menjadi delapan jam," ujarnya.

Namun demikian pihaknya akan mempercepat seluruh proses administrasi calon haji selama di embarkasi agar saat tiba di bandara, mereka tinggal naik pesawat.

"Tahun ini seluruh pengecekan administrasi dan persyaratan pemberangkatan di lakukan di embarkasi bersama dengan imigrasi dari Indonesia maupun Arab Saudi, sehingga calon haji tinggal naik pesawat," katanya.
 

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018