Bogor, 6/2 (Antara) - Mantan Menteri Lingkungan Hidup Emil Salim berpesan kepada generasi muda untuk senantiasa menjaga dan melestarikan alam, karena dari alam banyak terkandung ilmu pengetahuan yang memberi pelajaran bagi manusia.

"Banyak hal dari alam ini yang bisa diambil pelajaran, kemakmuran manusia bergantung kepada alam," kata Emil dihadapan puluhan murid SD Negeri Narogong Bogor, dalam acara peluncuran Komik Petualangan Hijau 2 yang diterbitkan oleh Geocycle Holcim Indonesia, Rabu.

Pakar lingkungan Indonesia tersebut menyebutkan, meski alam menyimpan banyak manfaat, namun alam juga dapat memberikan bencana bagi manusia ketika manusia itu tidak arif dalam memperlakukan alam.

"Kita harus banyak belajar kepada alam, menghargainya dengan arif dalam memperlakukannya," katanya.

Nasihat Emil Salim itu ditujukannya kepada anak-anak usia 10-12 tahun dan para guru yang hadir dalam peluncuran komik Petualangan Hijau 2 ( Green Adventure 2) di Narogong Bogor, Jawa Barat.

Emil Salim menambahkan, anak usia 10 hingga 12 tahun adalah usia dimana anak-anak penerus bangsa dapat merekam dengan baik apa yang diajarkan, belajar alam melalui cerita komik adalah salah satu cara agar anak anak terbuka hatinya agar cinta lingkungan dan tidak merusak alam.

"Komik ini sangat inspiratif membantu anak-anak untuk belajar mengenal alam dan lingkungannya," ujar Emil.

Komik Petualangan Hijau 2 di terbitkan oleh Geocycle Holcim Indonesia. Komik tersebut akan dibagikan kepada para murid SD di Narogong, Bogor, Tuban, Jawa Timur dan Cilacap, Jawa Tengah.

"Komik edisi ke 2 ini akan dibagikan sebanyak 5.000 komik untuk 5.000 anak SD, dan ini merupakan alat bantu ajar bagi para guru di sekolah tersebut," ujar Shinta Maryke, Communication & Relations Geocycle.  

Shinta mengatakan, komik yang dikemas menarik serta mendidik akan membantu membangun koneksi positif antara anak dengan lingkungan yakni Binatang Sahabat Petani, Habitat Mangrove, Konservasi Air, Alternatif Pembakaran Sampah Secara Terbuka dan Indikator Biologis Kualitas Air.

Sebelumnya, komik Petualangan Hijau edisi ke 1, telah diluncurkan pertama kali pada tahun 2011.

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013