Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat berupaya meningkatkan kualitas tempat pelelangan ikan (TPI) Palabuhanratu karena daerah ini mempunyai potensi perikanan laut yang melimpah.
   
"Saat ini kita sudah punya TPI Higienis di Palabuhanratu yang keberadaan harus bisa mendongkrak mutu dan keamanan hasil perikanan tangkap," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Sukabumi, Jumat.
   
Menurutnya, keberadaan TPI higienis tersebut selain untuk mendongkrak kualitas ikan juga tentunya untuk meningkatkan pendapatan nelayan dan pedagang ikan laut segar di Palabuhanratu.
   
Apalagi laut Kabupaten Sukabumi langsung berhadapan dengan Samudera Hindia yang mempunyai sumber daya ikan melimpah, seharusnya potensi ini bisa dimanfaakan oleh masyarakat khususnya nelayan.
   
Sehingga jika dikelola dengan baik maka Kabupaten Sukabumi bisa menjadi daerah industrialisasi perikanan laut, karena nantinya akan ada kolaborasi para pelaku perikanan tangkap mulai dari nelayan, bakul, pedagang ikan hingga pengolahan hasil perikanan.
   
"Sumber daya laut harus dimanfaatkan maksimal karena Kabupaten Sukabumi memiliki garis pantai yang mencapai 117 km. Walaupun saat ini belum termanfaatkan maksimal tetapi kami terus mendorongnya," tambahnya.
   
Marwan mengatakan untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan laut segar memang perlu adanya peningkatan teknologi alat tangkap. Perlahan tapi pasti, pihaknya memoderinisasi alat tangkap ikan.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018