Purwakarta (Antaranews Megapolitan) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, menyediakan tempat pemungutan suara (TPS) keliling bagi masyarakat yang sedang dirawat di rumah sakit.
    
"TPS keliling disediakan untuk pemilh yang sakit dan tidak bisa bangun," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat Ramlan Maulana, saat dihubungi di Karawang, Rabu.
    
Ia menjelaskan, TPS keliling itu akan difasilitasi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Mereka membawa kotak dan surat suara ke sejumlah fasilitas kesehatan, seperti puskemas dan rumah sakit.
    
"Mekanismenya, ada dua anggota KPPS yang ditugaskan membawa kotak dan surat suara ke puskemas dan rumah sakit. Tujuannya untuk memfasilitasi pemilih yang menderita sakit," kata dia.
    
Dalam menjalankan tugasnya membawa TPS keliling, anggota KPPS itu akan dikawal pihak kepolisian dan anggota Panitia Pengawas Pemilihan
Umum (Panwaslu).
    
Setelah memfasilitasi pemilih yang menderita sakit agar menggunakan hak pilihnya, penghitungan suara dari TPS keliling itu akan dihitung di TPS terdekat.
    
Disediakannya TPS keliling itu sendiri menjadi bagian dari upaya KPU Purwakarta agar target partisipasi pemilih yang mencapai 78 persen itu tercapai. (ANT/BPJ).

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018