Bogor (Antaranews Megapolitan) - Mencoba mengasah ranah berpikir kritis tentang regulasi dan kebijakan pemerintah serta isu-isu nasional, dua tim mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil meraih juara tiga dan best speaker dalam lomba debat kepemerintahan tingkat nasional.

Kompetisi debat ini merupakan salah satu rangkaian acara dari International Government Conferences (IGC) 2018 yang diadakan oleh Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sulawesi Utara (3-8/4). Kegiatan ini mengangkat tema “Engaging The Spirit of Youth Towards SGD’s 2030” sebagai bentuk penguatan komitmen generasi muda dalam merealisasikan pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan mahasiswa dari seluruh universitas di Indonesia. Kkompetisi debat ini juga diikuti oleh para Praja (sebutan pelajar IPDN) dari kampus-kampus IPDN yang ada di Indonesia.

Tim mahasiswa IPB yang berhasil meraih juara tiga yaitu, Cepty Rohmawati, Dedy Iskandar, dan Nova Kushandita. Tim IPB lainnya yang terdiri dari Apip Nurdin, Faradis Alfi Zain, dan M. Labib Naufaldi berhasil memasuki babak 4 besar. Yang tak kalah hebat, Apip Nurdin (mahasiswa Departemen Biologi FMIPA IPB) dinobatkan sebagai best speaker dalam kompetisi debat ini.

Meraih kemenangan ini bukanlah hal yang mudah, mereka dihadapkan pada mahasiswa-mahasiswa dan juga Praja dari berbagai wilayah Indonesia.

“Kami sangat bersyukur dan tidak menyangka bisa memenangkan kompetisi yang bergengsi ini. Kami merasakan bagaimana perjuangan dalam berlatih debat dan doa-doa dari orang sekitar. Alhasil Allah memberikan kami kesempatan juara 3,” ujar Cepty.

Menurutnya mosi-mosi yang dibahas sangat menarik, bagaimana kita ditantang untuk menganalisis kebijakan pemerintah dan melihat kondisi isu-isu nasional kekinian. (husna/zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB/Cepty Rohmawati dan Tim

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018