Bogor (Antaranews Megapolitan) - Suasana malam takbiran di Kota Bogor, Jawa Barat, berlangsung meriah dengan kegiatan Bogor Bertakbir 2018 yang diikuti puluhan warga, Kamis malam.

Bogor Bertakbir merupakan kegiatan lomba takbir keliling yang diikuti puluhan warga dari berbagai daerah di Kota maupun Kabupaten Bogor.

Ketua Panitia Bogor Bertakbir 2018, Gatut Susanta menyebutkan, ada sekitar 60 lebih peserta yang ikut ambil bagian dalam perlombaan takbir keliling tersebut.

"Tahun ini jumlah peserta meningkat dari tahun sebelumnya," katanya.

Menurut dia, kegiatan Bogor Bertakbir merupakan tahun ketiga pelaksanaan. Tujuannya untuk mengajak masyarakat menggemakan takbir dalam keberagaman dan kebersamaan.

Selain itu, untuk membuat suasana malam takbiran di Kota Bogor lebih aman, kondusif dan tertib dengan mengakomodir masyarakat mengikuti lomba Bogor Bertakbir.

Total ada empat kategori lomba, di antaranya pawai takbir dan marawis. Setiap kategori di nilai tampilan nadanya, dan iramanya.

"Total hadiah ada Rp20 juta. Setiap peserta kita berikan uang saku Rp300 ribu sebagai ganti transport" kata Gatut.

Menurut dia, Bogor Bertakbir melestarikan tradisi takbiran menyambut Idul Fitri agar tetap lestari di masyarakat tanpa ada larangan dan pembatasan.

"Karena Bogor Bertakbir dilakukan secara tertib dan terakomodir, tidak sporadis seperti yang lain," katanya.

Bogor Bertakbir diikuti belasan mobil penambah gendang takbir yang akan berkonvoi dari Balai Kota menuju Masjid Raya Bogor, Jl Pajajaran.

Kegiatan ini juga mendapat pengawalan dari Polresta Bogor Kota, untuk memastikan arus lalu lintas masyarakat di malam takbiran berjalan lancar.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018