Cikarang, Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Cikarang Dry Port atau pelabuhan darat Cikarang Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mendukung penuh program mudik motor gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada musim lebaran 2018.

Managing Director Cikarang Dry Port Benny Woenardi menyatakan kesiapannya untuk mendukung program mudik motor gratis ini.

"Sebagai pelabuhan darat, setiap harinya sekitar dua sampai tiga kereta berhenti di emplacement kami untuk bongkar muat peti kemas," katanya di Cikarang, Minggu.

Aktivitas bongkar muat peti kemas di Cikarang Dry Port sendiri menampung tujuan domestik dan mancanegara melalui ekspor impor di pelabuhan Tanjung Priok.

"Untuk mudik gratis motor ini kami menyediakan tujuan sampai ke Surabaya dengan total 60 perjalanan kereta yang berlangsung selama sebulan penuh," katanya.

Benny melanjutkan untuk teknis pelaksanaannya pemudik terlebih dahulu mendaftarkan kendaraan roda duanya pada program mudik gratis motor Kemenhub yang telah dimulai sejak 9 Februari lalu.

"Sementara untuk masa pengangkutan dijadwalkan pada 8-13 Juni 2018 untuk arus mudik dan 19-25 Juni 2018 untuk arus baliknya," katanya.

Sedangkan teknis pengangkutan peserta mudik motor gratis Kemenhub asal Kabupaten Bekasi mengumpulkan motor yang akan diangkut di Stasiun Cikarang kemudian dimuat ke kereta api di Cikarang Dry Port.

"Fasilitas emplacement kami lebih mendukung untuk kegiatan bongkar muat sepeda motor dibanding stasiun Cikarang atau Lemahabang," katanya.

Benny berharap program tersebut dapat memangkas jumlah pemudik roda dua dengan beralih mengikuti program mudik gratis motor Kemenhub ini.

"Kita semua tentu menginginkan arus mudik dan arus balik berjalan dengan aman dan lancar, salah satunya mengurangi kepadatan jalur arteri pantura Kabupaten Bekasi akibat membludaknya pemudik roda dua yang beberapa tahun ini menjadi pemandangan lumrah," katanya.

Pewarta: Mayolus Fajar D dan Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018