Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menyiagakan sukarelawan untuk melakukan patroli dengan menggunakan sepeda membantu pemudik yang kelelahan atau sakit.

"Kami sengaja menyiaga patroli bersepeda untuk memantau pelaksanaan mudik lebaran yang saat ini jalur utama Sukabumi-Bogor sudah mulai padat dilintasi kendaraan yang datang dari berbagai daerah," kata Humas PMI Kabupaten Sukabumi Atep Maulana di Sukabumi, Jumat.

Menurutnya, patroli bersepeda ini untuk memudahkan sukarelawannya menjangkau ke berbagai lokasi jika terjadi kepadatan arus lalu lintas. Sebab jika memaksakan menggunakan mobil patroli atau ambulance khawatir malah ikut terjebak kemacetan.

Selain itu, patroli bersepeda ini setiap sukarelawan membawa alat kesehatan dan obat-obatan serta didampingi petugas medis. Nantinya patroli bersepeda ini dibagi beberapa tim untuk disiagakan di pusat keramatan masyarakat.

Ada beberapa titik yang menjadi fokus pemantauan pihaknya yakni di wilayaH perbatasan Sukabumi-Bogor tepatnya di Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi yang kerap terjadi kemacetan panjang.

Serta di Jalur Lingkar Selatan Cibolang, Kabupaten Sukabumi yang merupakan jalur alternatif pemudik yang datang dari arah Jakarta dan Bogor dengan tujuan Cianjur serta Bandung.

"Patroli bersepeda ini sudah mulai menjalankan tugasnya membantu sekaligus memantau arus mudik di jalur utama mudik Sukabumi. Setelah habis musim mudik, tim patroli bersepeda ini digeser ke lokasi wisata seperti Pantai Palabuhanratu," tambahnya.

Di sisi lain Atep mengatakan pada arus dan balik mudik Idul Fitri 1439 Hijriah pihaknya yang berkoordinasi dengan Polres Sukabumi Kota dan Polres Sukabumi ikut mendirikan pos kesehatan dan pos pijat gratis untuk pemudik.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018