Bogor (Antaranews Megapolitan) - Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) adalah salah satu program pengabdian kepada masyarakat yang digelar Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan menerjunkan para mahasiswa ke berbagai daerah agar mahasiswa berinteraksi  dengan masyarakat dan meningkatkan kepekaan terhadap permasalahan yang sedang berkembang di masyarakat sekaligus memberikan solusi.

Sebelum para mahasiswa ini turun ke lokasi KKN-T, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB  memberikan kuliah pembekalan yang bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menggali potensi wilayah yang akan menjadi area KKN-T nya. Pembekalan dilakukan di  Kampus IPB Dramaga, (5/5).

Dr. Iwan Prihantoro selaku Ketua Panitia Pelaksana KKN-T IPB mengatakan kali ini program KKN-T mengangkat tema "Pengintegrasian Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Pengarusutamaan Pertanian". Jumlah peserta KKN-T yang terlibat sebanyak 2.233 orang mahasiswa, yang akan disebar di 10 provinsi, 29 kabupaten dan 2 kota yang ada di Indonesia.

Lingkup identifikasi potensi wilayah yang dilakukan meliputi kajian potensi wilayah dan permasalahan yang berkembang, baik masalah pertanian maupun masalah kelestarian lingkungan wilayah setempat, kaji tindak dengan uji coba penerapan ilmu sesuai bidang ilmu mahasiswa, penyuluhan dengan ceramah dan demonstrasi plot, pendidikan dengan kursus dan pelatih, serta menjadi penghubung dan pengerak (fasilitator dan komunikator lembaga, dinamisator dan motivator pembangunan).

Identifikasi potensi wilayah dan permasalahan daerah dilakukan dengan pengamatan kondisi fisik wilayah yaitu letak dan kondisi geografis, tata guna lahan, infrastruktur (jalan, irigasi, air, listrik, komunikasi), kondisi demografi, sosial dan perekonomian daerah, serta kelembagaan sesuai profesi mahasiswa.

"Harapannya dari program KKN-T ini mahasiswa dapat mengidentifikasikan potensi wilayah yang nantinya dapat ditingkatkan untuk mendukung kemajuan ekonomi wilayah tersebut seperti menangani atau mencari solusi terhadap permasalahan pertanian dan kelestarian lingkungan dalam masyarakat,” ujarnya.(lundu/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018