Bogor, 17/11 (ANTARA) - Taman Wisata Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor, menggelar Program Kampung Siaga pada 19-20 November, yang bertujuan membina anak-anak pramuka sebagai duta lingkungan.

"Public Relation" Taman Wisata Mekarsari (TWM), Karinda, di Bogor, Kamis, mengatakan, acara ini merupakan hasil kerja sama TWM dengan Kementerian Lingkungan Hidup, Kwarnas, LIPI dan Kementerian Kehutanan RI, berkaitan dengan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2011.

"Kami dari Taman Wisata Mekarsari selain sebagai tuan rumah, juga akan menurunkan para ahli dan instruktur untuk membina para peserta," katanya.

Dalam program Kampung Siaga ini, para pramuka siaga (usia 7-10 tahun) akan mendapat pelatihan singkat mengenai pelestarian lingkungan, pengenalan buah lokal, teknik-teknik penanaman, teknik biopori dan pengetahuan lainnya.

Dalam pelatihan yang diadakan di "Family Garden", TWM tersebut, untuk hari pertama tanggal 19 November akan diikuti sekitar 100 pramuka siaga.

"Kemudian pada hari berikutnya, Minggu (20/11), 100 pramuka yang telah dilatih dan menjadi duta lingkungan tersebut, akan melatih ratusan pramuka se-Jabodetabek," kata Karinda.

Dalam kesempatan itu juga akan dilakukan pelantikan Pramuka Siaga Lingkungan pertamai di Indonesia dan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kwarnas Pramuka dalam pelaksanaan Saka Kalpataru.

Kegiatan Kampung Siaga ini merupakan yang pertama kalinya diadakan di Taman Wisata Mekarsari dan diharapkan dapat menghasilkan pramuka-pramuka siaga yang dapat berperan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, khususnya masyarakat perkotaan.

Teguh Handoko

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2011