Karawang (Antaranews Megapolitan) - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jabar akan membangun Waduk Cibeet untuk mengendalikan banjir tahunan di wilayah Telukjambe, Kabupaten Karawang.

"Waduk Cibeet ini rencananya akan dibangun untuk solusi banjir tahunan di Karawang," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat Eka Sanatha, di Karawang, Senin.

Ia mengatakan, saat ini rencana itu masih dalam studi kelayakan oleh Pemerintah Provinsi Jabar.?Pihaknya belum mengetahui pasti realisasi proyek fisik akan berjalan.

Rencananya, pembangunan Waduk Cibeet akan dilakukan oleh pemerintah, di titik perbatasan antara Karawang dan Bogor yang menjadi dataran tertinggi.?

Ia berharap pembangunan Waduk Cibeet akan menjadi solusi untuk mengatasi banjir tahunan di Karawang, dari luapan sungai Cibeet.

"Selama ini debit air Cibeet tidak terkontrol, karena memang tidak ada waduk sama sekali, waduk ini lebih kecil dari Jatiluhur. Tetapi saya yakin bisa mengatasi debit airnya nanti," katanya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018