Bogor (Antaranews Megapolitan) - Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat dan sesama, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Fakultas Peternakan (Fapet), dan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH)  Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan Donor Darah and Health Expo di Kampus IPB Dramaga pada 25-26 April 2018.

“Acara ini merupakan acara rutin setiap tahunnya. Donor darah ini juga dimaksudkan untuk membantu ketersediaan darah pada Palang Merah Indonesia (PMI) dan untuk membantu masyarakat karena satu tetes darah kita sangat berarti untuk mereka yang membutuhkan. Acara ini juga dapat membantu masyarakat terutama warga IPB untuk menjalani hidup sehat,” kata Ahmad Rafli Fahmi,  Divisi Humas acara Donor Darah and Health Expo.

Lebih lanjut Rafli mengatakan, “Perlu kita ketahui bahwa donor darah ini banyak manfaatnya diantaranya memberikan kepuasan batin, karena kita telah berbagi terhadap sesama yang membutuhkan. Tak hanya itu, kesehatan kita pun menjadi terpantau, aliran darah lancar penyumbatan arteri bisa dicegah. Rafli menyebutkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa rajin mendonorkan darah mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88 persen. Dengan donor darah, darah kita menjadi segar, karena setelah diambil darahnya, sum-sum tulang belakang akan memproduksi sel-sel darah merah yang lebih segar, sehingga dapat memperpanjang usia. Manfaat-manfaat ini juga telah dijelaskan para ahli pada tayangan video dan power point yang disajikan panitia.

Tidak semua orang dapat mendonorkan darahnya. Hanya orang-orang yang memenuhi syarat yang boleh mendonorkan darahnya. “Untuk donor darah ini tidak bisa dilakukan oleh siapa saja, karena ada syarat-syarat yang harus dipenuhi diantaranya usia minimal 17 tahun dan maksimal 60 tahun, sehat, tidak mengonsumsi narkoba dan mengunakan jarum suntik. Pendonor juga tidak sedang hamil atau menyusui,” tambahnya.

Menurut Syakiroh, Mahasiswa Program Studi Budidaya Perairan FPIK IPB yang mendonorkan darahya, acara ini harus terus berlanjut ke depannya, karena banyak manfaat yang diperoleh.

“Saya seumur hidup, baru pertama kali donor darah, dan ini sangat baik. Awalnya saya takut dengan jarum suntik dan darah, tetapi setelah tadi mencoba dan konsultasi mengenai manfaat donor darah yang bisa membersihkan darah, mencegah penyumbatan arteri, dan terlebih membantu sesama, kini saya tidak takut lagi. Di sini juga menyediakan fasilitas untuk cek kesehatan dan ini bagus sekali.” kata Syakiroh. Kegiatan ini diikuti  150 pendonor. Selain donor darah, juga digelar Health Expo  tentang kesehatan gizi, cek mata dan mobil curhat.(Ath/ris)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018