Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Bekasi, Jawa Barat, mengampanyekan program kerja "Zero Criminal" dalam rangka mengantisipasi segala kemungkinan kejahatan yang terjadi di wilayah hukum setempat.

"Saya bersyukur kepedulian warga di tingkatan RT dan RW terhadap ancaman kriminal sudah cukup tinggi. Pemerintah Kota Bekasi bersama unsur TNI-Polri siap melayani dan mendukung penuh segala yang dibutuhkan," kata Kapolrestro Bekasi Kota Kombes Pol Indarto di Bekasi, Senin.

Menurut dia, kampanye Zero Criminal itu dilakukan dengan kegiatan road show ke sejumlah pengurus RT dan RW di wilayah setempat bersama unsur Muspida di antaranya Penjabat Wali Kota Bekasi, Kepala Komando Militer (Kodim) 0507/Bekasi dan sejumlah instansi terkait lainnya.

Indarto mengaku telah menyiapkan sambungan telepon khusus bagi warga yang ingin memberikan informasi atau pengaduan masyarakat demi menjaga Kamtibmas di wilayahnya.

"Melalui Call Center Polri di nomor telepon 110, aduan atau informasi pelayaan bisa diakses sepenuhnya oleh warga dan kami akan segera merespons," katanya.

Lewat sambungan telepon tersebut, kata dia, pihak kepolisian akan melakukan koordinasi kepada Pemkot Bekasi atau instansi terkait lainnya untuk penyelesaian suatu permasalahan di lingkungan warga.

"Line 110 sama halnya seperti di Amerika, 911. Manfaatkan betul pelayanan ini dengan tepat dan bijak. Ke depan juga kita akan launching aplikasi Teknologi Informasi (TI) milik Polres Metro Bekasi Kota untuk mendukung keamanan wilayah," katanya.

Penjabat Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah mengapresiasi peran warga dalam turut menjaga, memelihara Kamtibmas sebagai bentuk partisipasi aktif warga.

"Mari kita lebih sensitif lagi terhadap situasi di lingkungan kita, intensifkan kembali kegiatan 1x24 jam tamu wajib lapor untuk memudahkan identifikasi pendatang baru," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018