Cibinong, Bogor (Antaranews Megapolitan) - Polres Bogor, Jawa Barat, melakukan peralihan jalur ke arah Puncak lantaran dilaksanakan pawai obor pada Senin (14 Mei 2018) dari Masjid Harakatul Jannah (Simpang Gadog) dan berakhir pada Seputar Taman Wisata Matahari.

"Itu akan dimulai pukul 19.00 hingga 24.00 Wib, sehingga bila tidak melakukan peralihan maka akan terjadi kemacetan," kata Kepala Satuan Lalulintas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama di Cibinong, Senin.

Menurut dia jalur tersebut dialihkan untuk yang dari Jakarta atau Cianjur menuju puncak dapat melalui Cibubur-Cileungsi-Jonggol - Cariu - Cikalong - Cianjur. Itu berarti harus menempuh 86,1 kilometer atau memakan waktu dua jam 45 menit.

Tetapi juga bisa melalui Jalur Ciawi - Catingin - Cijerug - Cicurug - Cibadak - Kota Sukabumi - Cianjur. Dalam memutar arah tersebut masyarakat sama halnya menempuh 88,6 kilometer atau memakan waktu tempuh tiga jam 41 menit.

Namun dalam hal ini adalah salah satu cara agar tidak terjadi kemacetan pada sekitar area kegiatan pawai obor yang rencananya diikuti lebih dari dua ratus orang.

Untuk itu dalam upaya tersebut anggota satuan lalulintas sedang menyisir daerah untuk segera dikosongkan.

"Ini dilakukan agar perayaan pawai obor dapat berlangsung dengan penuh kemeriahan dan pada intinya ruang lingkup menjadi lebih lega," katanya.

Ia menambahkan dalam hal ini juga melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan maupun Satuan Polisi Pamong Praja guna membantu pelaksanaan kegitan tersebut.

"Kegiatan itu terlaksana pada hari ini dan mungkin akan dipadati pengunjung terutama masyarakat luar yang hendak menyaksikan ataupun mengikuti pawai itu," katanya.

Lanjut AKP Hasby menjelaskan dalam pengamanan tersebut sudah dilaksanakan pada saat ini untuk menyisir wilayahnya.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018