Bogor (Antaranews Megapolitan) - Kapolres Bogor Kabupaten AKBP Andi Moch Dicky mengajak masyarakat bersama-sama melawan terorisme dengan meningkatkan kewaspadaan, memberlakukan wajib lapor 1x24 jam.

"Teror adalah perbuatan yang dilarang oleh seluruh agama. Teror adalah musuh bersama, mari rapatkan barisan kita lawan bersama terorisme," kata Dicky usai gelar Apel Panggilan Luar Biasa (PLB) di Mapolres Bogor, Cibinong, Minggu.

Dicky mengatakan pengamanan di wilayah harus diintensifkan, bila ada orang-orang yang mencurigai di sekitar agar dapat segera melaporkan ke kepolisian terdekat atau Bhabinkamtibmas.

"Untuk pendatang dikenakan wajib lapor 1x24 jam," kata Dicky.

Pascakejadian ledakan bom di sejumlah gereja di Surabaya, Jawa Timur, jajaran Polres Bogor melakukan Apel PLB atas instruksi Kapolda Jawa Barat.

Apel dilaksanakan di Mako Polres Bogor, Apel konsolidasi siaga 1 ini juga dilaksanakan serentak di 31 Polsek wilayah Kabupaten Bogor.

Polres Bogor menyiagakan 964 personelnya untuk melakukan pengamanan dan patroli yang ditingkatkan khususnya di sejumlah tempat ibadah serta tempat keramaian.

"Prioritas pengamanan objek vital, gereja, dan tempat ibadah lainnya, termasuk tempat keramaian," katanya.

Prioritas pengamanan Polres Bogor lanjutnya, akan dilakukan penebalan pengamanan dan patroli di sejumlah titik tersebut.

Ia menambahkan, personel yang disiagakan untuk pengamanan dan patroli menggunakan senjata lengkap. Para anggota Polri juga diingatkan agar selalu meningkatkan kewaspadaan saat melaksanakan tugas.

"Intinya jangan sampai kita lengah," kata Dicky.

Peningkatan eskalasi pengamanan juga dilakukan jajaran Polresta Bogor Kota, dengan mengerahkan seluruh personel di Polresta dan Polsek yang ada.

Kabag Ops Polresta Bogor Kota, Kompol Fajar mengatakan peningkatan eskalasi pengamanan khususnya di tempat ibadah di mana dilaksanakan kegiatan peribadatan baik itu masjid, gereja dan lainnya.

"Pengamanan melibatkan jajaran Polresta Bogor bersama Kodim dan Satpol PP melaksanakan patroli gabungan," katanya.

Ia menambahkan patroli gabungan yang dilaksanakan tersebut diberi nama sandi Satgas Tripatra yang melakukan patroli dengan menyambangi tempat-tempat ibadah.

"Selain berpatroli, Satgas juga memberikan imbauan Kamtibmas kepada petugas keamanan dan para jemaat tempat peribadatan tersebut," kata Fajar.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018