Jakarta (Antaranews Megapolitan) - Universitas Pancasila (UP) meluluskan mahasiswa yang berkarakter Pancasila dan juga menguasai teknologi terkini sehingga diharapkan dapat bersaing pada dunia internasional tanpa meninggalkan jati dirinya sebagai Bangsa Indonesia.

"Sejak didirikan pada tanggal 28 Oktober 1 966 sampai dengan saat ini, UP telah meluluskan sebanyak kurang lebih 56.064 orang wisudawan dari berbagai program studi (prodi) dan jenjang pendidikan yang ada sesuai dengan kompetensi disiplin ilmu masing-masing," kata Rektor UP Wahono Sumaryono pada acara Wisuda UP di Jakarta, Selasa.

Wisuda kali ini mengusung tema `Membangun Jiwa Kewirausahaan Berbasis llmu Pengetahunan dan Teknologi Menuju Entrepreneurial University dan Knowledge Based Society`. Jumlah wisudawan kali ini berjumlah 1.424 orang.

Rektor mengatakan ada beberapa kegiatan baik akademik maupun non-akademik yang telah diselenggarakan dalam periode November 201 7-April 201 8, diantaranya, capaian akreditasi baik fakultas maupun universitas.

Dari 27 prodi yang ada di UP ada 12 prodi yang sudah terakreditasi A dan akan terus diupayakan akan bertambah menjadi 17 prodi serta akreditasi institusi dari B akan diupayakan menjadi A.

Untuk Indeks Prestasi Akademik (IPK) rata-rata lulusan Diploma (D3) adalah 3.08, Sarjana (SI) adalah 3.16, Profesi Apoteker adalah 3.41 , Magister (S2) adalah 3.51 dan Doktor (S3) adalah 3.72. Untuk rata-rata lama studi D3 selama 3.74 tahun, SI 4.51 tahun, S2 2.5 tahun, Apoteker 1 tahun, S3 4.12 tahun.

Wahono mengatakan jumlah dosen tetap UP sampai dengan saat ini sebanyak 415 dengan kualifikasi pendidikan Doktor dan Magister. Seluruh mahasiswa UP diwajibkan untuk menguasai Bahasa Inggris dan tersertifikasi TOEFL.

Dalam wisuda kali ini memberikan paparan sukses seorang pengusaha yaitu Diaspora Indonesia yang sukses di Australia, Iwan Sunito yang merupakan CEO Founder Crown Property Group yang berbasis di Sydney Australia.

Beliau hadir memberikan orasi ilmiah dan berbagi ilmu mengenai "Wajah Baru dari Kewirausahaan di Era Millenial dan Berbagai Kisah Inspiratif terkait dengannya".

Iwan memulai bisnisnya sejak tahun 1994 dan sekarang perusahaannya menjadi salah satu perusahaan property terbesar di Australia dengan proyek bernilai milyaran dollar. Hal ini diharapkan bisa menginspirasi banyak wisudawan yang dilantik.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018