Bogor (Antaranews Megapolitan) - Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian menggelar Tarhib Ramadhan 1439 Hijriah/2018 yang diikuti 150 pelaku usaha dengan menyediakan produk-produk pangan, pakaian, hingga paket sembako murah.

"Kami bekerja sama dengan Toko Tani Indonesia (TTI) ada paket sembako murah, mulai dari gula, beras, minyak goreng, hingga daging," kata Kepala Balitbangtan Muhammad Syakir, di sela-sela pembukaan Tarhib Ramadhan Kementan, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin.

Tarhib Ramadhan merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Balitbangtan Kementan, kali ini tersedia 150 stand yang diisi oleh pelaku usaha UMKM baik bergerak dalam produksi pangan, pakaian, hingga produk pertanian.

TTI yang ada di Tarhib Ramadhan menyediakan paket sembako dengan harga di bawah harga pasar. Tarhib Ramadhan dibuka secara resmi oleh Istri Menteri Pertanian, Martati Amran Sulaeman.

Kegiatan Tarhib Ramadhan berlokasi di Kampus Pertanian Cimanggu, Kota Bogor. Berlangsung selama tiga hari dimulai dari tanggal 7-9 Mei 2018.

Menurut Syakir penyelenggaraan Tarhib Ramadhan sejalan dengan tugas dan tujuan Balitbangtan yakni pembangunan pertanian harus bermuara untuk kesejahteraan petani dan ada praktek sosialnya untuk masyarakat.

"Hendaknya perkembangan teknologi yang dihasilkan Balitbangtan berkomtribusi pada capaian produktivitas tanaman, teknologi budi daya," katanya.

Ia mengatakan, sesuai dengan pernyataan Presiden Joko Widodo untuk melakukan reformasi mental bertujuan untuk penumbuhan ekonomi, dan peningkatan sumber daya manusianya.

Mememasuki Ramadhan ini, lanjutnya, selain meningkatkan sesitifitas nurani, kepekaan, juga bermuara pada peningkatan kinerja Balitbangtan Kementan.

"Peningkatan kinerja ini tentunya berdampak pada ekonomi, dan sosial, yang menjadi pilar penentu kinerja Balitbangtan," katanya.

Tarhib Ramadhan bertema "Bersihkan Hati, Kuatkan Ukhuwah, dan Tingkatkan Kepedulian bagi Sesama" digelar berbagai kegiatan sosial, aneka lomba, pasar murah, pameran tenant teknologi Balitbangtan, bimbingan teknis, dan Agroeduwisata.

Pada acara ini akan disampaikan ribuan paket sembako bagi para karyawan yang kurang mampu utamanya Pegawai Harian Lepas (PHL). Sebagai tanda kepedulian DWP dan Korpri Balitbangtan akan dilaksanakan pembagian 3.000 paket sembako, terdiri dari beras 5 kg, gula pasir 1 kg dan minyak goreng 2 liter.

Paket sembako ini akan dibagikan kepada para tenaga kontrak dan pegawai Golongan I di lingkup Balitbangtan.

"Tarhib Ramadhan ini bertujuan untuk berbagai kebahagian dengan masyarakat dan karyawan Balitbangtan," kata Istri Menteri Pertanian Martati Amran Sulaeman.

Martati menambahkan, dengan menggelar pasar murah supaya kebutuhan pokok terjangkau oleh masyarakat jelang Ramadhan, sehingga dirasakan manfaatnya secara luas.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018